Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah serta mempererat persaudaraan dengan seluruh masyarakat desa di sekitar wilayah tambang, PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe menggelar Gema Ramadhan 2019.

Tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan Islami edukatif bagi anak-anak, remaja hingga dewasa yang dilaksanakan 11-19 Mei 2019.

Senior Manager Community PT Agincourt Resources Pramana Triwahjudi merinci beberapa kegiatan yang digelar diantaranya, Festival Nasyid, Lomba Peragaan Busana Muslim Anak, Lomba Syahril Quran, Lomba Dai Cilik, Lomba Adzan, Lomba Tahfidz, dan yang terbaru adalah Lomba Hafalan Hadist. Dalam pelaksanaannya, Gema Ramadhan 2019 ini juga merupakan hasil kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru.

"Menjalin dan mempererat ukhuwah adalah hal paling penting untuk memelihara kerukunan beragama dan kedamaian terutama di antara umat Muslim di Batangtoru dan Muara Batangtoru. Gema Ramadhan 2019 kami selenggarakan juga untuk meningkatkan pengetahuan agama, seni dan kreativitas Islam bagi masyarakat untuk membangun generasi Islam dengan nilai-nilai Quran dan hadis yang kuat," jelas Pramana.

Lebih lanjut, Pramana menyebutkan antusias dan tingkat partisipasi masyarakat pada acara Gema Ramadhan tahun ini terlihat lebih tinggi, dengan total peserta mencapai 545 orang dari 32 desa di dua kecamatan tersebut. Acara puncak Gema Ramadhan 2019 dilaksanakan pada 19 Mei 2019 ditandai dengan pemberian hadiah, piala, serta dana pembinaan bagi para pemenang, juga pemberian santunan bagi 348 anak yatim dari 15 desa.

Tak hanya itu, diselenggarakan pula buka puasa bersama dengan para kepala desa, tokoh masyarakat agama dari kedua Kecamatan tersebut serta 800 orang masyarakat Batangtoru dan Muara Batangtoru.

"Kami menyadari keberhasilan jangka panjang Tambang Emas Martabe sangat bergantung kepada kepercayaan dan dukungan dari masyarakat. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dan tumbuh bersama masyarakat, salah satunya melalui penyelenggaraan dan dukungan terhadap berbagai kegiatan agama di lingkungan sekitar tambang. Di bulan yang penuh barakah ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan menggelar Gema Ramadhan adalah salah satu kegiatan yang rutin kami lakukan setiap tahunnya," tambah Pramana.

Camat Batangtoru Muhammad Yamin Batubara berharap Tambang Emas Martabe terus memberikan perhatian kepada masyarakat salah satunya dengan mengadakan kegiatan seperti Gema Ramadhan. Menurutnya, perusahaan telah ikut berkontribusi untuk membina dan membangun generasi muda yang berakhlak mulia.

Sementara itu, Ketua MUI Batangtoru Bachtiar Siregar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tambang Emas Martabe yang telah peduli dengan kegiatan keagamaan melalui Gema Ramadhan yang diselenggarakan setiap tahun.

"Tambang Emas Martabe bekerja sama dengan MUI menggelar Gema Ramadhan yang juga merupakan salah satu program kami khususnya untuk membina generasi muda. Di masa lalu banyak pemuda hebat, karena generasi sebelumnya adalah orang-orang hebat; oleh karena itu kami memberikan perhatian besar pada generasi muda ini dalam peningkatan kualitas keislaman. Kami sampaikan penghargaan dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang bermanfaat ini," ujar Bachtiar.
 

Pewarta: Rel

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019