Medan (Antaranews Sumut) - Bank Indonesia memprediksi  ekonomi Sumatera Utara pada 2018 akan bertumbuh lebih baik karena hingga triwulan IV, perekonomian daerah itu diperkirakan terus bertumbuh.
 
"Mencermati perkembangan indikator terkini, BI (Bank Indonesia) memperkirakan perekonomian Sumut tumbuh lebih baik,"ujar Pejabat Sementara Kepala Perwakilan BI  Sumut, Hilman Tisnawan di Medan, Selasa.

Pertumbuhan ekonomi yang lebih baik itu terutama didorong oleh kinerja konsumsi pemerintah dan sektor swasta di akhir tahun.
 
Kondisi itu, katanya juga sesuai dengan indeks penjualan tiga bulan ke depan yang meningkat berdasarkan Survei Penjualan Eceran (SPE) yang dilakukan pada triwulan III 2018.

Apalagi berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan III cukup bagus atau 5,43 persen secara "year on year" (yoy).

"Pertumbuhan ekonomi di triwulan III lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang  5,30 persen dan bahkan di atas pertumbuhan Sumatera (4,72 persen), nasional (5,17 persen) dan rata-rata historis periode yang sama dalam tiga tahun terakhir (5,19 persen),"katanya.

Hilman menyebutkan, akselerasi laju pertumbuhan ekonomi pada triwulan III terutama terjadi pada komponen konsumsi yang  meningkat dari 6,56 persen (yoy) pada triwulan sebelumnya menjadi 7,29 persen.
 
Dari sisi konsumsi, aktivitas belanja pemerintah yang mulai agresif mendorong tingginya kinerja konsumsi pemerintah pada triwulan berjalan.
 
Selain itu, aktivitas jelang Pilpres juga diperkirakan turut menggerakkan permintaan domestik lebih lanjut.

Baca juga: BI :krisis mengajarkan perlunya penjagaan sistem keuangan

"Kondisi itu tercermin dari konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) yang meningkat dari 11,10 persen (yoy) menjadi 13,27 persen (yoy),"katanya.
 
Di sisi lain, investasi pada triwulan III juga menunjukkan kinerja yang tetap kuat mencapai 7,10 persen (yoy) dengan andil 2,08 persen didorong oleh kebutuhan investasi bangunan.
 
Baca juga: Bank Indonesia sumbang fasilitas perpustakaan sekolah

"Mengacu pada fakta - fakta itu, maka BI berkeyakinan pertumbuhan ekonomi di kwartal IV dan bahkan sepanjang tahun 2018 akan lebih baik," ujar Hilman.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018