Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera atau Bansos Rastra kepada keluarga penerima manfaat untuk mengurangi beban pengeluaran pangan di daerah.

Pemberian Bansos sebanyak 10 kg/KPM kepada 18.817 di Kecamatan Rantau Selatan ini disaksikan Asisten Administrasi Pemkab Labuhanbatu Nasrullah, Kadis Sosial Sofyan Efendy Harahap, Kabid Pengadaan Perum Bulog Drive Sumut Bahtera Pinem, Kakansilog Rantauprapat Rifmad Pinayungan Hasibuan, Rabu sore.

Dalam kesempatan itu Nasrullah menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah menyalurkan Rastra 2018 melalui Perum Bulog kepada masyarakat prasejahtera di Kabupaten Labuhanbatu.

Bansos ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran pangan kepada KPM secara periodik. "Masyarakat yang sudah sejahtera tidak perlu dapat bantuan lagi," katanya.

Kabupaten Labuhanbatu mendapatkan 19.914 KPM di tahun 2017 berkurang menjadi 18.817 KPM di tahun 2018, dengan rincian 15 kg/KPM menjadi 10 kg/KPM.

Baca : Kansilog Rantauprapat salurkan Rastra

Pada bulan Agustus Pemkab Labuhanbatu akan mengkonversi bantuan tunai menjadi nontunai sebesar Rp110 ribu, penyalurannya melalui bank BUMN yang dapat ditukarkan dengan pangan di warung gotong royong elektronik (e-warong) yang telah ditunjuk pemerintah.

Kansilog Rantauprapat, Rifmat Pinayungan Hasibuan mengatakan, pihaknya siap menyalurkan Bansos Rastra di Labuhanbatu Raya kepada masyarakat.

Pihaknya bertanggungjawab dalam menyiapkan barang hingga menyalurkan ketempat tujuan yang telah ditentukan.

Pada bulan Januari 2018 ini Kabupaten Labuhanbatu mengalami penurunan sebanyak 1097 penerima manfaat atau 18.817 KPM yang sebelumnya 19.914 KPM di tahun 2017.

Penurunan itu berdasarkan verifikasai data atau by name by addres dari Kementerian Sosial RI.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018