Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Kantor Seksi Logistik Rantauprapat menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera atau Bansos Rastra untuk 18.817 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Labuhanbatu.

Kepala Kantor Seksi Logistik Rantauprapat, Rifmat Pinayungan Hasibuan, Rabu dalam peluncuran bantuan sosial di Kantor Camat Rantau Selatan mengatakan, Perum Bulog siap menyalurkan Bansos Rastra secara periodik kepada masyarakat di Labuhanbatu Raya.

Pada bulan Januari 2018 ini Kabupaten Labuhanbatu mengalami penurunan sebanyak 1097 penerima manfaat atau 18.817 KPM yang sebelumnya 19.914 KPM di tahun 2017.

Penurunan itu berdasarkan verifikasai data atau by name by addres dari Kementerian Sosial RI.

"Untuk sementara Bansos Rastra ini diluncurkan di Kecamatan Rantau Selatan, selanjutnya menyusul di kecamatan lain. Pada tahun 2017 disalurkan 15 kg/KPM sedangkan, tahun 2018 sebanyak 10 kg/KPM," katanya.

Baca : KPM Labuhanbatu dapat Bansos Rastra tanpa biaya tebus

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Sofyan Efendy Harahap, dalam kesempatan itu menyampaikan Bansos Rastra yang dikelola bagian perekonomian saat dikontrol dan diawasi oleh dinas sosial.

Pemerintah daerah melalui dinas terkait membebaskan segala biaya maupun penyaluran Rastra hingga ke daerah atau tanpa biaya tebus.

Pihaknya akan menkonversi Bansos Rastra melalui mekanisme elektronik kartu yang dapat digunakan membeli pangan pada tempat yang telah ditunjuk pemerintah untuk mengurangi beban pengeluran KPM.

"Bulan Agustus akan di efektifkan penggunaanya melalui kartu elektronik dari bank yang di tunjuk pemerintah," ujar Efendy.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018