Selasa, 17 Oktober 2017

Menaker Minta Perguruan Tinggi Siapkan Sdm Mahasiswa

| 262 Views
id menteri tenaga kerja
Menaker Minta Perguruan Tinggi Siapkan Sdm Mahasiswa
.. (Antarafoto)
Pematangsiantar, 28/9 (Antara) - Perguruan Tinggi diminta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) mahasiswa mahasiswi menghadapi persaingan kerja yang semakin selektif di era globalisasi ini.

"Indonesia saat ini memiliki dua juta tenaga kerja baru setiap tahunnya, sehingga harus disikapi Perguruan Tinggi, termasuk USI," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Muhammad Hanif Dhakiri di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Kamis.

Menteri Ketenagakerjaan RI berada di Pematangsiantar untuk membuka Dies Natalis Ke 52 dan peluncuran (lounching) bursa kerja khusus Universitas Simalungun (USI), Sumatera Utara.

Hanif Dhakiri mengatakan, kualitas sumber daya manusia merupakan salahsatu kunci penting memenangkan kompetisi global di era sekarang ini.

Rektor USI, Prof Dr Marihot Manullang mengatakan, peluncuran Bursa Kerja Khusus merupakan bentuk kesiapan USI dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas.

Marihot berpesan kepada para mahasiswa mahasiswi dan seluruh civitas akademika mulai berbenah diri guna mengasah kemampuan di tengah persaingan global.

Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah mengatakan, bursa kerja khusus USI merupakan mitra Dinas Ketenagakerjaan pemerintahan setempat dan lembaga pelaksana penempatan tenaga kerja yang mengikuti sistem antar kerja secara legal.

Untuk itu, USI diharapkan turut berperan dalam menanggulangi pengangguran di Kota Pematangsiantar dengan cara membekali dan meningkatkan kompetensi mahasiswa memasuki dunia kerja. 

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017