Simalungun, Sumut, 27/2 (antarasumut)- Badan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Simalungun gencar melaksanakan operasi KB MOP (Modus Operasi Pria) dan MOW (Modus Operasi Wanita).

Menurut Kepala Badan KB Simalungun dr Jan Maurisdo Purba Mkes, Rabu siang, kegiatan yang dilaksanakan secara gratis ini sebagai upaya pengendalian angka pertumbuhan penduduk di tanah Habonaron do Bona ini.

MOP dan MOW pada tahun 2013 ini telah dua kali dilaksanakan, yang di RS Bethesda Saribu Dolok dan di Puskesmas Tapian Dolok, sebut dr Jan Maurisdo Purba sembari menandaskan kegiatan ini akan dilaksanakan di kecamatan-kecamatan.

Soal target, Kepala Badan KB ini mengatakan masih menunggu instruksi dari Pemprov Sumatera Utara. “Begitupun kami sudah memulainya sesuai petunjuk pimpinan (Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM,red),” ujarnya.

Kabid Pelayanan Jaminan KB dan Kesehatan Reproduksi Rasta SH mengatakan waktu dekat pihaknya akan melakukan kerjasama dengan akademi kebidanan (Akbid) Politekkes (Politeknik Kesehatan) Pematangsiantar dalam pelaksanaan kegiatan terserbut.

Makanya Rasta mengharapkan kepada PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) untuk mengimbau masyarakat agar memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Rasta memaparkan tahun 2012 target apsektor 21.394 terealiasi 20.047 (93,70 persen) dengan kontrasepsi IUD (Intra Utirine Depice) sebanyak 1.112 orang, MOW 643 orang, MOP 204 orang, Kondom 2.206 orang, Implant 2.996 orang, Suntik 7.610 orang dan Pil 5.276 orang. (Waristo)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013