Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan masuk dalam jajaran salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKN) terbaik di Indonesia versi AD Scientific Index.

AD Scientific Index menempatkan UINSU Medan diperingkat ketiga di bawah UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berada diperingkat pertama dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di peringkat ke dua.

Rektor UINSU Medan, Prof Nurhayati, Selasa malam, menyampaikan rasa syukur atas pencapaian terbaik yang telah diraih perguruan tinggi yang dipimpinnya tersebut.

Ia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada seluruh civitas akademika UINSU atas kontribusi akademiknya terutama dalam bidang penelitian yang selama ini telah dilakukan dan diharapkan ke depan akan lebih meningkat lagi.

"Orientasi penelitian UINSU terhadap luaran penelitian dalam bentuk publikasi artikel di jurnal bereputasi
internasional dan nasional telah membuahkan hasil nyata seperti prestasi yang peroleh UINSU yang bertengger di posisi 3 besar versi AD Scientif
Index," katanya.

Prof Nurhayati melanjutkan, penelitian yang dilakukan para dosen di UINSU tidak hanya berhenti pada publikasi saja, namun lebih dari itu juga harus memperhatikan kemanfaatan penelitian bagi masyarakat.

'Kita berharap para dosen untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di masa mendatang dan yang tidak kalah penting penelitian yang dilakukan harus juga memperhatikan kemanfaatan bagi masyarakat," katanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Azhari Akmal Tarigan menyampaikan etos penelitian dosen UINSU dari tahun ke tahun semakin meningkat, baik penelitian kompetitif ataupun penelitian mandiri.

"Pemberian insentif dan penghargaan UINSU kepada penelitian yang menjadi komitmen rektor, tentunya juga turut mendongkrak produktivitas penelitian yang dilakukan oleh para dosen UINSU," katanya.

AD Scientific Index adalah lembaga pemeringkatan tingkat global bergengsi yang menerbitkan peringkat berdasarkan performa ilmiah dan produktivitas dari para peneliti yang berasal dari universitas di seluruh dunia.

AD Scientific Index memberikan penilaian berbasis kinerja akademik yang komprehensif, dengan memperhitungkan produktivitas penelitian dan dampak ilmiah yang diukur melalui Total H Index, sebuah metrik yang mengukur jumlah karya ilmiah terindeks dan seberapa sering karya tersebut disitasi oleh peneliti lain di tingkat global.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024