PT Belawan New Container Terminal (BNCT) bekerja sama yang dioperasikan oleh  Klasifikasi Perdagangan Internasional Standar (SITC) dalam pelayanan untuk pengiriman barang yang lebih cepat ke pasar penting Asia.


"SITC mengoperasikan delapan kapal, dalam layanan ini untuk memberikan solusi transportasi yang efisien dan andal kepada para pelanggan," ujar Direktur Utama BNCT Suffian Manaf di Medan, Sabtu.

Suffian menyatakan, rute layanan ini akan mencakup di antaranya Belawan Belawan - Port Klang - Kuantan - Ningbo - Qingdao - Shanghai - Shekou - Chennai - Haldia - Belawan

Lebih lanjut, dalam pengoperasian ini BNCT dengan bangga mengumumkan peluncuran layanan pelayaran mingguan terbaru yang dioperasikan oleh SITC, yaitu MIM Service.

“MIM Service adalah langkah strategis bagi operasional terminal kami, memperkuat posisi Belawan sebagai pelabuhan internasional yang kompetitif sekaligus memastikan kebutuhan pelanggan di Sumatera Utara dapat terpenuhi dengan lebih baik," jelas Suffian.

Perwakilan SITC Majah Andriansyah mengatakan, layanan ini memungkinkan pihaknya untuk lebih optimal dalam melayani kebutuhan pelanggan di kawasan tersebut.

“MIM Service memberikan koneksi yang lebih cepat dan efisien ke pasar-pasar utama terutama China, India, Jepang, Korea maupun negara ASEAN," tuturnya.

Menurutnya, pelayanan ini mencerminkan komitmen pihaknya untuk memperluas jangkauan ke Asia Tenggara atau pasar Asia lainnya.

Kapal perdana dalam layanan MIM ini, MV SITC Port Klang telah tiba di Belawan pada Rabu, 11 September 2024, pukul 18:00 WIB, dengan nomor pelayaran 2417N dan telah sandar pada Kamis, 12 September 2024.

Di sisi lain, BNCT melakukan pembangunan lahan tahap satu dan merencanakan penambahan mooring dolphin di Terminal A guna meningkatkan kapasitas terminal dalam menerima lebih banyak layanan pelayaran di masa mendatang.

Ekspansi ini akan mendukung pertumbuhan operasional BNCT secara berkelanjutan.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024