PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) memastikan pasokan listrik pada kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di wilayah ini tetap terjaga.

"Untuk itu, pentingnya melakukan sidak dan pengukuran secara berkala dalam memastikan supply pasokan listrik selama PON ini dalam kondisi aman," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Medan, Rabu.

Saleh mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya serta koordinasi dengan panitia setempat, agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut, oleh karena itu pentingnya penerapan tata nilai amanah dalam memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

“Kami di PLN terus berkomitmen selalu memegang teguh kepercayaan yang diberikan agar memastikan pasokan listrik yang andal dan aman selama PON berlangsung,” tutur Saleh.

Salah satunya kegiatan PLN Sumut dan jajaran, melakukan kontrol di Lapangan Astaka Pancing, Kabupaten Deli Serdang. Manager UP3 Medan Utara Edy Saputra mengatakan, kegiatan kontrol tersebut agar pasokan di ajang multi olahraga nasional tetap terjaga.

"Kami berharap selama penyelenggaraan PON dapat menyediakan pasokan listrik yang andal, sehingga acara nasional ini bisa terselenggara dengan baik, tanpa kendala kelistrikan,” kata Edy.

Edy menyatakan bahwa PLN terus berkomitmen menjaga pasokan listrik selama penyelenggaraan PON dengan menyiagakan para pegawai dan tenaga alih daya di arena.

“Kami akan terus memantau pasokan listrik di berbagai venue. Tercatat pemakaian listrik di Astaka, terpantau aman terkendali yakni sebesar 720 KiloWatt (kW). Secara berkala, petugas PLN berkeliling dan memastikan sistem pengamanan berfungsi dengan baik jika terjadi gangguan,” ucap dia.

Sebelumnya, PLN Sumut juga telah menyiapkan skema pengamanan berlapis dan mempersiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak 34 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 17 unit dan genset sebanyak 33 unit.

Tidak hanya itu, PLN juga akan menyiagakan personil gabungan sebanyak 546 petugas yang akan siap siaga menjaga pasokan listrik PON XXI Aceh-Sumut 2024. Saat ini, kondisi kelistrikan Sumut saat ini dalam kondisi normal/aman.

Dengan Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.300 megawatt (MW), proyeksi beban puncak sebesar 2.165 MW dan cadangan daya sebesar 454 MW.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024