Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) meningkatkan pelayanan publik yang berbasis digitalisasi untuk memudahkan masyarakat di wilayah ini.

"Salah satu program saya, kami bersinergi semua fungsi pada Polres untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik melalui digitalisasi," ujar Kepala Polda Sumatera Utara Irjen Pol. Whisnu Hermawan Februanto di Medan, Senin.

Whisnu melanjutkan pihaknya akan membuat sistem semacam aplikasi terkait pelayanan kepada masyarakat tersebut. Hanya saja, ia mengatakan perlu melihat akses internet yang ada di keseluruhan di Sumatera Utara.

"Kalau di Medan kan mudah internet, namun di daerah-daerah lain belum tentu. Tapi, kami terus mengedepankan digitalisasi dalam pelayanan publik tersebut," kata dia.

Selain itu, dalam pelayanan publik, Polda Sumut terus memberikan informasi kepada masyarakat baik melalui media sosial maupun lainnya.

Di sisi lain, mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri ini mengatakan, Polda Sumut terus meningkatkan pada pengamanan terutama di jalan raya.

Oleh karena itu, menurut Wishnu untuk menekan tindakan kejahatan tersebut perlu adanya keberadaan Polri di tengah masyarakat.

"Kami melakukan simulasi bagaimana Polri ada di masyarakat dari pagi sampai pagi lagi supaya masyarakat mudah mengakses, tidak perlu datang ke kantor, tapi kami ada di mana saja," kata jenderal bintang dua itu.

Tentunya, simulasi penempatan petugas ini, Wishnu mengatakan akan dilakukan di tempat-tempat yang disinyalir rawan kejahatan di wilayah beribu Kota Medan ini.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024