Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri untuk terlibat aktif sesuai perannya masing-masing memastikan berjalan-nya pesta Demokrasi Pilkada tahun 2024. Termasuk mengawal proses verifikasi faktual (verfak) calon perseorangan yang tengah dilaksanakan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapsel berjalan dengan baik.

" Proses verfak kedua dukungan bakal calon kepala daerah jalur independen ini harus mendapat perhatian lebih dari seluruh elemen termasuk unsur pemerintahan,TNI dan Polri, agar berjalan demokratis dan terlepas dari intimidasi oknum dan kelompok tertentu," katanya kepada wartawan di Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)," Jumat.

Dolly mengungkapkan, Proses verfak kedua ini membutuhkan perhatian yang mendalam dari semua pihak, termasuk unsur pemerintahan, TNI, dan Polri, untuk menjamin bahwa tahapan Pilkada serentak tersebut berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi dan tidak terpengaruh oleh intimidasi dari oknum atau kelompok tertentu.

Dolly Pasaribu juga mengungkapkan keprihatinannya terkait adanya indikasi bahwa beberapa kelompok tertentu aktif menyisir masyarakat untuk menarik dukungan mereka kepada bakal calon perseorangan dengan cara-cara yang tidak etis.

"Belakangan ini, kami mendapati adanya upaya-upaya yang disinyalir semakin aktif dan bahkan menjurus pada pemaksaan serta intimidasi terhadap masyarakat. Hal ini tidak dapat diterima dan harus segera diatasi. Kami mengajak masyarakat untuk berani menentukan sikap dan tidak takut terhadap segala bentuk intimidasi," tegasnya.

Dia juga menyoroti pentingnya menjaga integritas proses demokrasi di Tapanuli Selatan. "Kami berharap agar seluruh tahapan dalam proses verfak kedua dapat berlangsung dalam koridor peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Kami tidak ingin adanya upaya pembodohan atau manipulasi hak demokrasi masyarakat oleh oknum atau kelompok yang mencoba melakukan intervensi dan intimidasi," tambah Dolly.

Dia mengimbau semua pihak untuk bersinergi dalam menjaga proses verfak agar tetap berjalan dengan adil dan jujur, serta memastikan bahwa hak-hak demokrasi masyarakat dihormati tanpa adanya gangguan dari pihak manapun.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024