Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Komisariat Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara menggelar kegiatan pengabdian masyarakat desa dengan tema "Love With Deeds" sebagai salah satu program kerja organisasi yang memberikan bantuan kepada masyarakat di suatu daerah atau lingkungan dalam usaha membangun dan meningkatkan kualitas lingkungan di Desa Jangga Toruan, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir.

"Kehadiran kader-kader GMKI di Desa Jangga Toruan harus dapat menginspirasi masyarakat dalam pelaksanakan kegiatan sederhana yang memiliki dampak besar bagi sekitar," ujar anggota GMKI Komisariat FH USU, Vrede Johannes Tua Manalu, Rabu (3/7).

Disebutkan, kegiatan pengabdian masyarakat desa yang digelar selama empat hari di akhir bulan Juni 2024 itu mengambil sub tema dari kitab 1 Yohanes 3:18.

"Tak hanya mempengaruhi masyarakat desa, tetapi kegiatan ini diharapkan kegiatan dapat meningkatkan kesadaran sosial para kader GMKI Koms FH USU terhadap masyarakat," terangnya.

GMKI Koms FH USU melakukan berbagai kegiatan di Desa Jangga Toruan seperti mengajar, gotong royong membersihkan lingkungan, mendirikan pojok baca berupa rak buku beserta dengan memberikan sumbangan beberapa buku yang telah dikumpulkan oleh panitia PMD, memberikan layanan kesehatan gratis, memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat, dan juga makan bersama warga.

Para kader GMKI juga mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada para siswa-siswi SD dan mendirikan pojok baca berupa rak buku di SDN 173656 Jangga Toruan, serta memberikan beberapa buku sumbangan yang telah dikumpulkan oleh panitia PMD GMKI Koms FH USU.

Selain itu, dalam kegiatan cek kesehatan bagi masyarakat dan warga lansia, PMD GMKI Koms FH USU juga melakukan kolaborasi dengan Puskesmas Lumban Julu, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, serta perangkat desa. 

PMD GMKI FH USU Juga turut menyelenggarakan penyuluhan hukum yang disampaikan oleh Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Toba, Oloan Sinaga, yang  membahas mengenai urgensi pendaftaran tanah dan perlindungan hukum serta pemahaman hak dan kewajiban pajak bagi warga negara. 

Para kader GMKI turut membangun hubungan yang kokoh dan saling mendukung antara pelaksana, relawan, pemuda gereja agar kolaborasi dalam program PMD GMKI Koms FH USU menjadi lebih efektif dan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat desa Jangga Toruan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024