Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara menggelar persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban di daerah ini.

"Perangkat daerah terkait diminta memahami tanggung jawab sesuai dengan uraian tugas," ucap Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferry Ichsan, di Medan, Selasa.

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini, lanjut dia, Pemkot Medan menggelar kegiatan malam takbiran di depan Kantor Wali Kota Medan.

Selain itu, pelaksanaan Shalat Idul Adha akan digelar di Lapangan Komplek Taman Setiabudi Indah (Tasbih) Medan yang memiliki luasnya sekitar 2.000 meter persegi.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. "Seperti Dinas PKPCKTR (Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang) menyediakan keran air wudhu dan toilet portable di lapangan Komplek Tasbih tempat Sholat Idul Adha," jelasnya.

Untuk lokasi memastikan tempat pelaksanaan Shalat Idul Adha, maka Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan bisa meninjau lokasi.

Bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan untuk memetakan yang dipersiapkan di lapangan sepak bola tersebut.

"Kita sudah mendapatkan izin dari pengelola Komplek Tasbih. Jadi mulai besok Dinas SDABMBK dan Dinas PKPCKTR sudah dapat meninjau ke lapangan," papar Ferry.

Dijelaskan dia, untuk hewan kurban saat ini Bagian Kesra Setda Kota Medan membuka pendaftaran seluruh organisasi perangkat daerah maupun ASN yang melaksanakan kurban.

Setelah ditutup pendaftaran hewan kurban nantinya akan ada pertemuan lanjutan terkait penyembelihan hewan tersebut.

"Pelaksanaan kurban oleh PUD Rumah Potong Hewan sesuai uraian tugas mempersiapkan petugas untuk menyembelih, menguliti, memotong hewan kurban itu," ucap Ferry.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024