Polres Pelabuhan Belawan menyatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan urine, sembilan anak buah kapal (ABK) KM Kelud dan lima sopir bus dinyatakan negatif narkoba.

"Seluruhnya negatif narkoba," ujar Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Janton Silaban di Medan, Minggu.

Ia menyebutkan, tes urine yang dilaksanakan di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan itu dilaksanakan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2024 pada masa Lebaran 2024

Tindakan tersebut dilakukan demi memastikan keselamatan pemudik yang menggunakan transportasi umum.

"Selain itu juga bertujuan untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada para penumpang yang akan menggunakan transportasi umum," kata dia.

Menurut Janton, pemeriksaan dilakukan Satresnarkoba Polres Belawan itu jadi bagian dari komitmen dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelabuhan dan transportasi umum.

"Kami akan terus melakukan langkah-langkah preventif dan penindakan untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Belawan," tutur dia.

Dia berharap, kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk terciptanya lingkungan transportasi yang aman dan nyaman.

"Kenyamanan seluruh pemudik yang  menggunakan jasa transportasi umum selama periode arus mudik Lebaran menjadi hal utama bagi pihak kepolisian," ujar Janton.
 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024