Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan menyiagakan sebanyak 315 personel gabungan dalam pengamanan dua kabupaten yakni Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Padang Lawas Utara (Paluta) dalam Operasi Ketupat Toba 2024 untuk pengamanan Lebaran 2024.

"Dari 315 personel di antaranya 135 personel Tapsel dan 180 personel merupakan gabungan terdiri dari TNI dan instansi terkait lainnya," ujar Kepala Polres Tapsel AKBP Yasir Ahmadi di Padangsidimpuan, Jumat.

Yasir melanjutkan 315 personel tersebut mengisi setiap pos pengamanan dan pos pelayanan yang sudah di sediakan di dua kabupaten tersebut.

"Ada enam pos yang didirikan, dua pos pelayanan dan empat pos pengaman, semua kami siagakan demi keamanan dan kenyamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” tuturnya.

Kapolres juga turut membacakan amanat dari Kapolri terkait Operasi Ketupat Toba 2024. Setelahnya, Yasir menyematkan pita tanda Operasi ke perwakilan pasukan.

Sebelumnya, Polda Sumut mengerahkan sebanyak 12.092 personel gabungan until pengamanan pada lebaran dalam Operasi Ketupat Toba 2024.

"Personel tersebut terdiri dari TNI, Polri bersama pemerintah daerah," ujar Kepala Polda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral pengamanan Lebaran, di Medan.

Agung melanjutkan pihaknya juga menyiapkan 89 pos pengamanan, 68 pos pelayanan, 102 pos terpadu, 22 obyek terminal, 18 stasiun kereta api, 16 pelabuhan, 6 bandara 6, 190 pusat belanja, 2.670 masjid, dan 242 tempat wisata.

Kapolda juga menegaskan seluruh personel untuk dapat mengatur arus lalu lintas selama mudik Lebaran dan posko yang nyaman sehingga bisa ditempati bersama.

"Saya harap personel pengamanan yang bertugas selama lebaran dapat memberikan respon cepat kepada masyarakat sehingga kehadiran Polri benar-benar dirasakan manfaatnya," tuturnya.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024