Pemkot Tanjung Balai bekerja sama dengan Pangkalan TBI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) menggelar lomba dayung perahu naga dan sampan tradisional dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Tanjung Balai ke 403 tahun 2023.

Lomba dayung yang diikuti kelompok umum dan pelajar itu berlangsung di alur Sungai Silau menuju kuala Sungai Asahan, disambut antusias masyarakat daerah setempat, Minggu (17/12).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib mengatakan bahwa Lomba dayung perahu naga maupun sampan tradisional itu digelar aksanakan dalam rangka melestarikan olah raga dayung bagi masyarakat Kota Tanjung Balai yang merupakan wilayah pesisir.

"Mengingat geograpis daerah yang dikelingi dua sungai besar yakni sungai Silau dan sungai Asahan, kita ingin lomba dayung baik perahu naga dan sampan tradisional kembali dihidupkan," ujar Wali Kota.

Wali Kota juga mengapresiasi Lanal TBA yang sudah terlibat sebagai panitia lomba dayung untuk memeriahkan hari jadi atau ulang tahun Kota Tanjung Balai ke 403 yang jatuh pada tanggal 27 Desember 2023.
 

"Atasnama Pemkot Tanjung Balai kami mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanal TBA beserta  personil Angkatan Laut yang terlibat sebagai panitia. Semoga lomba ini bisa terus kita laksanakan setiap tahun," kata Waris.

Sesuai catatan, selain lomba dayung perahu naga dan sampan tradisional,  juga dilaksanakan laga eksibisi dayung kayak/kano.

Usai pelaksanaan lomba, panitia mengumumkan para pemenang untuk lomba dayung lerahu naga tingkat umum yakni Juara I  dari Tim Tokeh Melayu, Juara II Tim AW Gading dab Juara III Tim Gambas. Juara harapan I diraih Tim Dinas Kesehatan, Harapan II Tim STR Solid dan Harapan II Tim Scorpio.

Masih di nomor lomba yang sama, untuk tingkat pelajar Juara I diraih oleh Tim MAN, Juara II Tim SMPN 12 dan Juara III dari Tim SMKN 6. Untuk Juara Harapan I Tim SMKN 1, Harapan II Tim MAS AW dan Harapan III adalah SMKN 5 Tanjung Balai.

Dalam lomba dayung sampan tradisional, Juara I dimenangkan oleh Taufik dan Awaluddin, Juara II  Syamsir dan Hasan Basri, serta Juara III adalah Jailani Sitorus dan Bambang. Sedangkan juara harapan I Usup dan  Zulkifli, Adam dan Ali mendapat Juara harapan II, serta Karya Budi dan Bahrum menduduki juara harapan III.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023