Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib meresmikan dua unit bank sampah di dua tempat berbeda, yang kedepannya diharapkan memberikan nilai ekonomis untuk mendongkrak taraf perekonomian warga.

Kedua bank sampah tersebut yakni  "Sehati" berlokasi di Rusunawa Kelurahan Sei Raja dan Bank sampah "Sentosa" di Keluarahan Muara Sentosa, Kecamatan Sei Tualang Raso.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota H.Waris Tholib mengatakan, selain untuk membantu menangani pengolahan sampah, tujuan lain bank sampah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.

Bank sampah juga adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat 'berkawan' dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

"Insha Allah nantinya bank sampah akan menampung, memilah dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi sehingga warga akan mendapatkan keuntungan ekonomi dari menabung sampah," kata Waris, Senin (11/12).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ridwan Parinduri menjelaskan, bank sampah yang didirikan merupakan kolaborasi antara pemerintah Kota Tanjung Balai melalui dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rusunawa Dinas Perkim bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023