Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Medan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata di wilayahnya untuk membangun ekonomi kreatif di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

"Sebagian pegiat ekonomi kreatif itu merupakan pelaku UMKM," ujar Kepala Bidang Koperasi dan UKM Diskop UKM Perindag Medan Anwar Syarif kepada ANTARA di Medan, Sabtu.

Anwar melanjutkan, salah satu langkah yang dilakukan oleh pihaknya adalah dengan pembinaan dan pelatihan.

Hal itu pun sejalan dengan semangat Pemerintah Kota Medan untuk "menaikkan kelas" UMKM di daerahnya.

"Kami rutin memberikan pelatihan-pelatihan," tutur Anwar.

Satu dari banyak UMKM atau pelaku ekonomi kreatif yang dibina Diskop UKM Perindag Medan, dia memisalkan, adalah pengusaha produk UMKM berjenama "Recyclo" yang menghasilkan barang-barang berbahan dasar kemasan air mineral.



Saat dipamerkan di acara "Kriyanusa 2023" di Jakarta, produk tersebut mendapatkan penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) sebagai produk UMKM berjenama "Recyclo" untuk kategori karya kriya potensial.

"Itu contoh dari produk ekonomi kreatif Medan," kata Anwar.

Kota Medan merupakan wilayah di Sumatera Utara yang getol memamerkan kekayaan ekonomi kreatif mereka.

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan sudah menerapkan beberapa program seperti melakukan sertifikasi kepada penggiat kreatif misalnya di bidang videografi dan fotografi.

Terkini, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata, yang memiliki Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Sumber Daya Pariwisata, melakukan sertifikasi dan lokakarya kepada penggiat film Medan, tepatnya pada 12-13 September 2023.

Pemkot Medan pun rutin mengadakan kegiatan "Beranda Kreatif" setiap akhir pekan di halaman Kantor Wali Kota Medan.

Dinas Pariwisata Medan fokus memperbanyak acara, baik setingkat nasional maupun internasional, demi memperkuat ekonomi kreatif dan meningkatkan kunjungan wisata ke Medan. Ke depan, mereka berencana membuat kegiatan layaknya Anugerah Musisi Medan, festival kuliner, pesona multietnis dan lain-lain.

Agar kerja-kerja kreatif semakin diperhatikan, nomenklatur Dinas Pariwisata Kota Medan pun akan berubah menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Medan.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023