Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting mengatakan Corporate Social Responsibility (CSR) PLTU Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dapat memberdayakan masyarakat setempat.

"Saya meminta agar PLTU ini terus melakukan kegiatan positif untuk menyalurkan CSR agar pemberdayaan masyarakat sekitar, khususnya masyarakat pesisir yang pra sejahtera di daerah setempat," kata Baskami di Medan, Jumat.

PLTU Pangkalan Susu juga harus mewujudkan sinergi kuat dengan para stakeholder termasuk Pemkab Langkat.

"Maka upaya kerjasama yang berkesinambungan ini demi mewujudkan kemajuan Sumatera Utara khususnya Kabupaten Langkat," ucapnya.
 

Sementara itu, Senior Manager PLTU Pangkalan Susu Usvizal Zainuddin mengatakan pihaknya terus melakukan program CSR di masyarakat yakni melakukan inovasi pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA) yang merupakan limbah ramah lingkungan yang berasal dari batubara, bahan baku utama dari PLTU tersebut.

"Kami melakukan pelatihan pembuatan batako dari FABA, melakukan pengecoran jalan di Kelurahan Beras, dan lainnya," katanya.

Menurutnya pihaknya juga melakukan bantuan bagi rumah yang tidak layak huni, pengobatan gratis untuk masyarakat di Pulau Sembilan, Langkat.

Ditambah dengan penghijauan berupa penanaman mangrove di area Jetty Laut, penanaman Pohon Kaliandra, pembuatan pupuk kompos dan lainnya.

"Masukan pada pertemuan ini, kami telah rangkum dan akan kami jalankan demi kemajuan Sumatera Utara," ucapnya.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023