Anggota DPRD Kota Medan Daniel Pinem mendesak kepolisian menindak tegas pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan aksi begal di Kota Medan, Sumatera Utara.

"Untuk memaksimalkan pengamanan di Medan dengan melakukan tindakan tegas setiap aksi premanisme, curanmor dan aksi begal sesuai ketentuan hukum," ujar Daniel di Medan, Sumut, Selasa.

Harapan itu, kata legislator ini, ditujukan kepada jajaran kepolisian, baik Polrestabes Medan maupun Polres Pelabuhan Belawan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di Kota Medan.

Sebab dalam beberapa bulan terakhir situasi keamanan di Ibukota Provinsi Sumatera Utara kurang kondusif, karena sering terjadi aksi kejahatan yang menimbulkan keresahan warga.

Aksi curanmor di wilayah hukum Kota Medan maupun wilayah hukum Belawan kian masif dilakukan kawanan pelaku, meski kendaraan dalam kondisi terkunci dan posisi aman.

Tercatat seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bernama Insanul Anshori Hasibuan tewas dan menjadi korban pembacokan oleh komplotan begal.
Peristiwa yang menewaskan Insanul ini awalnya keluar dari kos-kosan untuk mencari makan bersama temannya dengan mengendarai sepeda motor di Jalan Mustafa, Medan, Rabu (14/6) dini hari.

"Kami mendorong Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan kolaborasi dengan kepolisian guna menciptakan rasa aman dan nyaman di Kota Medan," tutur Daniel.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda menyampaikan dalam sebulan terakhir pihaknya mengungkapkan berbagai kasus kejahatan jalanan di Kota Medan dan sekitarnya.

Berbagai jenis kejahatan jalanan itu, kata dia, seperti pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), curanmor, senjata tajam (sajam) dan penganiayaan berat (anirat) total 140 tersangka dari 97 kasus.

Untuk mengatasi maraknya aksi begal, geng motor dan tawuran, pihaknya terus melakukan patroli stasioner dengan sasaran kelompok motor, geng motor, antisipasi kasus 3C (curas, curat dan curanmor), dan tawuran.

"Kami juga akan melakukan langkah-langkah sesuai evaluasi untuk melakukan penyekatan di beberapa titik," Valentino.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023