Dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023, Pemkot bersama Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanjung mencanangkan Kelurahan Pasar Baru dan Kelurahan Sei Merbau sebagai Kelurahan Bersih Narkoba atau "Bersinar", Senin (26/6).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Thalib berharap, bertambahnya Kelurahan Bersinar mampu menjadi upaya signifikan mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba di daerah setempat.

"Hari ini kita memperingati HANI 2023 dengan pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba. Mari kita bekerja sama, bahu-membahu menjaga generasi di Tanjung Balai dari bahaya narkoba," kata Waris.

Wali Kota melanjutkan, memberantas peredaran dan mencegah penyalahgunaan narkotika menjadi tanggung jawab semua pihak. Kemudian partisipasi aktif masyarakat merupakan salah satu faktor penting suksesnya usaha dan upaya P4GN untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh narkoba.

"Narkoba adalah musuh negara, musuh kita bersama, pada hari ini bertepatan peringatan HANI 2023 kita sepakat untuk memerangi narkoba di Tanjung Balai," tegas H.Waris Thalib.

Wali Kota juga mengapresiasi peran BNN, Polres, Kejaksaan Negeri dan sejumlah pihak yang turut andil dalam pembentukan dan pembinaan Kelurahan Bersinar.

"Atas nama pribadi dan Pemkot Tanjung Balai saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pencanangan Kelurahan Bersinar ini," ucap Waris.

Peringatan HANI 2023 ini mengusung tema Internasional "People first stop stigma and discrimination, strengthen prevention". Sedangkan tema Nasional "Akselerasi war on drugs menuju Indonesia bersinar".

Selain pencanangan Kelurahan Bersinar, BNNK Tanjung Balai juga melaksanakan kegiatan Gerak Jalan Santai yang dipusatkan di Kecamatan Teluk Nibung.

Wali Kota Waris bersama Kepala BNNK Henry Pahala Marbun ikut serta bersama 250 orang peserta dari perwakilan Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepling serta para pelajar SMP, SMA/SMK dan Pramuka mengikuti jalan santai melintasi Jalan Lingkar Utara dan berakhir di Jalan Hiu Kelurahan Pematang Pasir, Teluk Nibung.

Sesuai catatan, total sudah ada 9 Kelurahan Bersinar di Kota Tanjung Balai. Program Kelurahan Bersinar merupakan salah satu bagian implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika (PN) Tahun 2020-2024.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023