Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyebutkan dua pertiga personel di seluruh polres mengamankan perayaan Tri Suci Waisak 2567 Buddhis Era (BE) atau 2023 Masehi di masing-masing daerah.

"Dua pertiga personel di seluruh polres di Sumut melakukan pengamanan Waisak 2023," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Sabtu. 

Ia mengatakan, keberadaan dua pertiga personel itu juga untuk pengamanan jalur wisata karena libur panjang. "Ya termasuk pengamanan di libur ini," ucapnya. 

Baca juga: Wihara Sakyamuni Deli Serdang selenggarakan pindapata sambut Waisak

Baca juga: Kemenkumham Sumut beri remisi kepada 351 narapidana pada Hari Raya Waisak
Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Percut Sei Tuan Polrestabes Medan AKP M Rohim Dalimunthe mengatakan personel melakukan sterilisasi di wihara di Komplek Cemara, Kabupaten Deli Serdang.

Sterilisasi dilakukan selama tiga hari sejak Jumat (2/3) oleh Sat Brimob Polda Sumut. "Alhamdulillah, sterilisasi berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain melakukan sterilisasi, personel juga berjaga di wihara untuk menjaga kondisi kondusif saat ritual perayaan Waisak 2023.

"Ada 11 personel yang berjaga di wihara di Percut Sei Tuan ini dan juga dilakukan patroli untuk pengamanan yang maksimal," ucapnya. 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023