Polres Tapanuli Utara menyiapkan strategi pengamanan menjelang pelaksanaan pilkades serentak di wilayah kabupaten Tapanuli Utara agar bisa berjalan dengan sukses dan damai.

"Sebanyak 42 dari 241 desa di Kabupaten Tapanuli Utara akan menggelar pemilihan kepala desa secara serentak pada 15 Juni 2023," kata Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi melalui Kabag Ops Kompol Kondar Simanjuntak, Jumat.

Kondar menyebutkan, untuk memastikan keamanan pilkades nanti Polres Taput sudah mempersiapkan strategi dan pola pengamanan. Data sementara diperoleh di 42 desa tersebut ada 115 calon kepala desa serta 96 TPS.

"Untuk mengisi ke-96 TPS itu personel yang disiapkan untuk pengamanan sebanyak 200 orang dengan pola yang berbeda," ucapnya.

Ia mengatakan ada tiga pola yang diterapkan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi di lapangan. Ketiganya yakni pola aman, sedang dan rawan situasi kamtibmas dan letak geografis.

"Untuk pola aman per TPS ditempatkan dua personel, pola sedang tiga personel dan pola rawan empat personel. Hal ini untuk memastikan pelaksanaan nantinya berlangsung aman dan kondusif," katanya.

Kabag Ops menambahkan, ke-42 desa yang mengikuti pilkades tersebut ada di 13 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di Taput yaitu, Kecamatan Muara tiga desa, Pagaran dua desa, Parmonangan empat desa, dan Kecamatan Sipoholon tiga desa.

Kemudian, Kecamatan Tarutung delapan desa, Adiankoting empat desa, Siborongborong tiga desa, Sipahutar empat desa, Garoga dua desa, Siatas Barita dua desa dan Kecamatan Pangaribuan tiga desa. 

Ia mengharapkan saat pelaksanaan pilkades nantinya semua pihak turut berperan dan saling mendukung.

"Jangan sampai terjadi gangguan keamanan di antara pendukung calon kepala desa yang berbeda pilihan. Pilihan boleh beda, tetapi  kedamaian dan kekeluargaan tetap harus terpelihara," kata Kabag Ops Polres Taput.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023