Induk Keluarga Alumni Pelajar Sipirok Indonesia (IKAPSI) - Bonabulu menyelenggarakan Musabaqah Hifdzil Quran dalam rangka memeriahkan Ramadhan 1444 Hijriah/Tahun 2023.

Kegiatan keagamaan yang mengusung Tema " Mari Tingkatkan Semangat Menghafal Ayat Al Quran dan Mengamalkannya" itu dilaksanakan di Alun-alun Tapanuli Selatan, di Pasar Sipirok.

Hamdan Siregar, selaku ketua panitia, Sabtu, mengatakan ada sebanyak 57 orang peserta yang ikut dalam Musabaqah Hifdzil Quran yang dilaksanakan 15 - 16 April 2023 tersebut.

Peserta-nya mulai dari anak usia dini, pelajar SD dan SMP, hingga mewakili desa/kelurahan dari Kecamatan Sipirok. "Melalui kegiatan ini besar harapan menjadikan putera/puteri Sipirok yang (hafal) qurani," kata Hamdan.

Sementara Amri Yasin Nasution, Ketua Bidang Pengkaderan IKAPSI Bonabulu,  mengatakan Musabaqah Hifdzil Quran merupakan kalender tahunan IKAPSI - Bonabulu setiap Bulan Suci Ramadhan. Juga menjadikan regenerasi Islam Sipirok yang beriman dan bertakwa.
"Di samping rangkaian IKAPSI untuk 'Rap Mulak Tuhuta 2023' (puncak 24-25 April 2023) sekaligus penguatan program pemberdayaan aktivitas ekonomi pelaku UMKM di Pasar Ramadhan (Poken Parbuko) Adian Pardomuan Pasar Sipirok," katanya.

Ia menyatakan suksesnya acara tersebut tidak lepas peran serta dan perhatian seluruh pengurus dan anggota IKAPSI di perantauan dan kampung halaman, baik dewan pengurus pusat dan dewan pengurus daerah (bonabulu, medan, bandung).

Camat Sipirok, Perwira mewakili Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu, mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Musabaqah Hifdzil Quran yang diselenggarakan IKAPSI - Bonabulu tersebut.

"Kegiatan ini termasuk sudah membantu program pemerintah khusus dalam bidang sosial keagamaan. Karenanya kami mengucapkan terima kasih kepada IKAPSI - Bonabulu yang sudah menjadi mitra pemerintah," kata Perwira.

Hadir pada acara ini Ketua MUI Kecamatan Sipirok Idamhuri Siregar, Ketua Dewan mesjid Indonesia Kecamatan Sipirok Akhirul Pane, Kepala SMAN 1 Sipirok Syamsul Lubis.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023