Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mendorong kesiapan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di perbatasan Sumut-Riau.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu daerah Aek Kanopan merupakan titik kemacetan paling parah saat datangnya pemudik dari Riau menuju Medan," ucap Panca dalam keterangan diperoleh, Jumat.

Kapolda Sumut datang langsung ke Polsek Kualuh Hulu, Kabupaten Labura, untuk memberikan arahan sekaligus memantau kesiapan dalam menghadapi mudik Lebaran 2023.

Ia juga mendorong Pemerintah Kabupaten Labura dan pemangku kepentingan lainnya agar bersama-sama menghadapi tantangan pengamanan mudik Lebaran demi memberikan rasa aman kepada masyarakat.
"Perbanyak petugas di lapangan dan atur penugasannya. Buat pospam dengan melibatkan semua potensi masyarakat," ucapnya.

Kapolda mengatakan, personel di Labura dapat menerapkan pola pembatasan ruas jalan yang notabene hanya dua jalur dengan menggunakan pembatas jalan mulai dari masuk Kabupaten Labura hingga Aek Kanopan perbatasan dengan Kabupaten Asahan.

"Saya juga mengingatkan seluruh personel mengenai cara bertindak selama di lapangan. Manfaatkan jalur lingkar untuk kendaraan-kendaraan kecil yang dialihkan melalui jalur alternatif sejauh 6-7 km dan mempersiapkan marka serta rambu-rambu jalannya," katanya.

Panca juga meminta petugas Dishub untuk mengatur keluar masuk kendaraan dengan baik. Kemudian untuk perlintasan rel kereta api yang rusak agar berkoordinasi dengan PT KAI sehingga dapat diperbaiki dan tidak menimbulkan tersendatnya laju kendaraan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023