Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, Sumatera Utara, Afif Abdillah meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) menambah pasokan MinyaKita, terutama di tingkat distributor.

"Pedagang di kios pengecer mengeluhkan pasokan Minyakita yang sangat terbatas dari distributor sejak tiga bulan terakhir," tutur Afif di Medan, Kamis.

Kondisi itu, terang dia, didapati dari rapat dengar pendapat yang digelar pihaknya awal pekan ini, bahwa persediaan minyak goreng kemasan di Kota Medan hanya sekitar 2.000 liter.

Data Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan di Desember 2022 menyebutkan bahwa kebutuhan minyak goreng baik kemasan maupun curah sekitar 1.826 ton/bulan atau 60,88 ton/hari.

Selain itu, lanjut dia, minyak goreng kemasan merek MinyaKita di  Sumatera Utara hingga kini belum memiliki kuota.

"Kami minta kementerian tolong disiapkan kuota MinyaKita untuk Sumatera Utara, khususnya warga Kota Medan sebab provinsi ini belum ada kuota, hanya mengambil sisa kuota dari Jawa," katanya.

Padahal data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri mencatat jumlah penduduk Sumatera Utara 15,31 juta jiwa pada Juni 2022 yang merupakan terbesar di luar Jawa.

"Janganlah di kuota orang, tapi harus di kuota kami karena sesuai kebutuhan kami. Akibat MinyaKita yang sangat terbatas hari ini, masyarakat Kota Medan menjadi resah," ucap Afif yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Medan ini.

Bahkan, legislator ini menyebut, harga minyak goreng curah di Kota Medan mengalami kenaikan menjadi Rp15.000/liter dari sebelumnya Rp13. 000/liter akibat pasokan Minyakita terbatas.

Kementerian Perdagangan menerbitkan Surat Edaran (SE) No.3/2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat yang tertulis Minyakita dilarang untuk dijual secara bundling.

"MinyaKita ini akan menjadi bola salju dan berdampak pada  ketersediaan maupun harga minyak goreng menjelang bulan suci Ramadhan," tutur dia.

Dipastikan permintaan minyak goreng, baik kemasan maupun curah meningkat selama bulan puasa, terang Afif yang juga menjabat Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023