Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun menebang sejumlah pohon Mahoni di areal Balai Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB), di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun Sabar Saragih, Kamis (12/1), menjelaskan, penebangan itu sekaitan upaya pengaktifan uji kendaraan bermotor (uji kir) di lokasi tersebut, sehingga pihaknya mempersiapkan sarana dan prasarana yang layak. 

Dikatakan, pertumbuhan pohon Mahoni tersebut menimbulkan kerusakan beberapa fasilitas, terutama saluran air dan pagar pembatas serta bangunan pendukung lainnya. 

Penebangan itu juga untuk menyediakan akses jalan ke luar masuk kendaraan dan lahan parkir yang bebas. 

Sabar Saragih mengatakan, sebelum melakukan penebangan, pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait, serta menyampaikan kajian kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun.

Dinas Perhubungan juga melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen hasil koordinasi dari beberapa peraturan perundang-undangan yang berlaku

Sementara, hasil pemanfaatan dari penebangan pohon Mahoni ini nantinya akan disetorkan ke kas daerah setelah dikurangi dengan biaya operasional yang dibutuhkan untuk proses penebangan.

Dia berharap dengan dilakukannya penebangan ini akan menjadi ruang bagi Dinas Perhubungan menyediakan sarana dan prasarana pelayanan uji kir kendaraan bermotor yang layak kepada masyarakat Kabupaten Simalungun, khususnya di daerah Simalungun bawah. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023