Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Utara secara resmi meluncurkan aplikasi "DisumutAja" yang bertujuan untuk mendorong pariwisata setempat lebih maju, berkelanjutan dan berdaya saing.
 
"Aplikasi ini adalah bentuk komitmen Disbudpar Sumut dalam transportasi digitalisasi yang mempercepat akselerasi dan integrasi dalam mengembangkan potensi pariwisata Sumut yang berdaya saing," kata Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dedi Arian Rizki Siregar, Minggu.
 
Aplikasi ini merupakan strategi promosi untuk menggiatkan dan menggairahkan kembali dunia usaha pariwisata di Sumut, termasuk membentuk citra positif pariwisata yang ramah dan aman bagi wisatawan
 
"Sehingga ke depannya akan terwujud pengelolaan pariwisata yang berdaya saing dan berkelanjutan sehingga kuantitas dan kualitas kunjungan wisata ke Sumatera Utara akan meningkat," ujarnya.
 
Ia menyebut, aplikasi tersebut menyediakan banyak informasi kepariwisataan, mulai dari akomodasi, kuliner perhotelan, objek wisata, budaya, ekraf dan kalender event. 
 
"Kita juga akan bersinergi dengan instansi dinas pariwisata terkait di kabupaten/kota yang nantinya bekerjasama untuk pengembangan informasi kepariwisataan yang berkelanjutan," katanya.
 
Mobile aplikasi itu dilengkapi dengan fitur data tracker yang siap diakses oleh stakeholder, wisatawan, pelaku usaha pariwisata juga masyarakat agar dapat berkontribusi dalam memberikan informasi terkait pariwisata Sumut.
 
"Saat ini aplikasi dapat diunduh melalui google play store bagi pengguna android smartphone dan selanjutnya akan segera dikembangkan bagi pengguna IPhone," ujarnya.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022