PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) terus membangun fasilitas pendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik, khususnya di Kota Pematang Siantar.

"Tidak tanggung-tanggung PLN UIW Sumatera Utara langsung membangun 3 swap point Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) sekaligus. Salah satunya di Kota Pematang Siantar dan ini merupakan SPBKLU pertama di Sumatera Utara," kata General Manajer PLN UIW Sumut Tonny Bellamy, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Tonny menyebutkan percepatan program kendaraan listrik akan mendukung pengurangan penggunaan BBM dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

"Penggunaan kendaraan listrik di Sumatera Utara terus meningkat, terlihat sudah banyak kendaraan listrik yang melintas di jalan raya, tidak hanya di Kota Medan, namun juga di Kota Pematang Siantar juga sudah banyak," ucap Tonny Bellamy.

Ia mengatakan antusiasme masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik sangat besar, untuk itu PLN harus memperbanyak fasilitas pendukung untuk kendaraan listrik tersebut.

Saat ini, lanjutnya, PLN juga telah membangun lima Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terbesar di Sumatera Utara yakni di Medan Kota, City View, Berastagi, Tebing Tinggi, dan Parapat.

"Dalam waktu dekat PLN akan membangun beberapa SPKLU lagi di lokasi strategis lainnya, sehingga pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan keluar kota menggunakan kendaraan tersebut," kata Tonny Bellamy.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022