Serikat Perusahaan Pers (SPS) berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara menggelar Uji Komptensi Wartawan/UKW tiga tingkatan, yakni Muda, Madya dan Utama.

Ketua SPS yang juga Ketua PWI Sumut, H.Farianda Putra Sinik mengatakan, sebelum UKW angkatan 41/42 Tahun 2022 digelar, sebanyak 60 peserta tiga tingkatan kompetensi wartawan itu lebih dulu mengikuti Pra UKW.

Farianda menambahkan, para mentor yang dalam Pra UKW adalah Pengurus PWI Sumut yang dinilai memiliki kecakapan, antara lain Sahat Rahmat Hamonangan (Sekretaris), Riza Mulyadi (Wakil Sekretaris), Rifki Warisan (Wakil Ketua Bidang Organisasi) Sugiatmo (Wakil Ketua Bidang Pendidikan) dan dibantu dua penguji magang, Austin Antariksa Tumengkol dan Amru Lubis.

"Peserta sudah dibekali melalui Pra UKW. Hal ini dimaksudkan agar peserta memiliki pemahaman dalam mengikuti UKW, sehingga memiliki kepercayaan diri. Harapan saya, semua peserta bisa lulus atau dinyatakan kompeten," ujar Farianda, dalam acara pembukaan UKW di Kartini Ballroom Hotel Le Polonia, Medan, Jum'at (29/7).

Direktur UKW PWI Pusat, Rajab Ritonga menyampaikan, UKW merupakan uji kemampuan seseorang baik sebagai wartawan, redaktur, dan pimpinan redaksi dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

"Para peserta UKW akan diuji kemampuan jurnalistiknya hingga dinyatakan kompeten," ujar Rajab 

Rajab melanjutkan, mata uji UKW secara garis besar meliputi uji ketrampilan, yakni terampil dalam peliputan, terampil mengedit berita, dan terampil dalam menggunakan alat-alat kerja jurnalistik, juga memiliki keterampilan khusus. 

Kemudian memiliki pengetahuan, yakni pengetahuan tentang teori-teori jurnalistik serta pengetahuan umum.

"Wartawan itu harus memahami segala persoalan yang ada di masyarakat, karenanya harus memilik pengetahuan yang luas. Hal ini nanti akan diuji dalam membangun jejaring," kata Rajab yang juga Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat.

Selain keterampilan dan pengetahauan yang wajib dipahami dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, juga tak kalah pentingnya adalah memahami etika jurnalistik.

"Sehebat apapun seorang wartawan, jika tidak patuh terhadap etika jurnalistik, maka karya jurnalistiknya akan menimbulkan masalah," kata Rajab mengakhiri.

Plt Kadis Kominfo Provsu, Kaiman Turnip dalam sambutan tertulis dibacakan Kabid Pengelolaan Informasi Publik Kominfo, Aziz Batubara menyatakan, untuk penyebaran informasi penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemropsu selalu mendorong dan bekerjasama dengan media.

Hal itu diperkuat dengan SK Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/157/KPTS/2021 dan SK Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Nomor 800/6024/DKI/2022, tentang Penetapan Media Massa yang terdaftar pada Pemrovsu Tahun Anggaran 2022. 

"Pada poin dua dari SK tersebut menyebutkan bahwa media massa menugaskan wartawan yang telah lulus uji kompetensi," kata Azis.

Oleh karenanya, lanjut Aziz, Pemrovsu mendukung kegiatan UKW dengan harapan hasilnya akan membawa kemajuan terhadap dunia jurnalistik di Sumut, khususnya dalam membina para insan pers, agar semakin bertanggungjawab sebagai jurnalis, serta dapat bersikap profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

"Kita berharap para wartawan kompeten dapat mempublikasikan berita-berita pembangunan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan menangkal berita hoaks, serta memberikan informasi yang mengedukasi masyarakat melalui karya jurnalistiknya. Mari kita bersama-sama membangun Provinsi ini menuju Sumut Bermartabat," kata Azis seraya membuka kegiatan UKW.

Sesuai cacatan, UKW angkatan 41/42 yang diikuti 60 peserta ini dibagi menjadi 1 kelas Tingkat Utama, 2 kelas tingkat Madya dan 7 kelas Tingkat Muda.

Sedangkan penguji Tingkat Utama adalah Rajab Ritonga, Penguji Tingkat Madya, M.Syahrir dan Dedy Syahputra. Untuk Tingkat Muda, Hermansjah, Tarmilin Usman, Edward Tahir,  Asro Kamal Rokan, Rizal Rudi Surya, Khairul Mudlim, Ramonda Mora.

"Ada juga penguji Magang yakni, Austin Antaraiksa Tumengkol, Dedi Suadha dan Amru Lubis. UKW ini berlangsung dua hari yakni Jum'at dan Sabtu, 20-30 Juli 2022," ujar Ketua Pantia, Agus Salim Ujung.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022