Komandan Korem 022/ Pantai Timur, Kolonel Inf Luqman Arief menyatakan Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) untuk menjaga dan memelihara aset milik TNI AD, khususnya yang ada di Kota Tanjungbalai.

Instruksi tersebut disampaikan Danrem Kolonel Inf Luqman Arief dalam kunjungan kerjanya ke Markas DPC HIPAKAD Kota Tanjungbalai di Jalan Sudirman daerah setempat, Kamis (12/5).

"Secara fisik sejak tahun 1957 tanah ini dikuasai TNI AD, tercatat sebagai aset Kodam I Bukit Barisan yang digunakan sebagai asrama CPM. Maka HIPAKAD wajib menjaga dan merawatnya sebagai Markas Komando PPAD dan HIPAKAD Tanjungbalai," tegas Danrem.

Danderem menambahkan, terhadap aset-aset TNI AD lainnya yang ada di Kota Tanjungbalai juga sedang didata dan secara prosedur secepatnya diajukan proses legalitasnya ke ATR/BPN sebagai milik TNI AD.

Sebelumnya, Kakumrem 022/Pantai Timur, Mayor Inf F.Hasibuan menjelaskan, secara fisik tanah dikuasai (Okupasi) TNI AD mulai tahun 1957 dan sampai saat ini belum ada pihak yang mengajukan konversi kepada Negara.

"Pesan kami, tetap jaga dan kuasai fisik tanah. Proses pengajuan Sertifikat sedang kita diajukan kepada Negara, dalam hal ini pihak ATR/BPN," kata Mayor Inf F.Hasibuan.

Dalam kesempatan itu, Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Tholib mengapresiasi kunker Danrem 022/Pantai Timur, sekaligus berharap kepada HIPAKAD Kota Tanjungbalai agar menjaga dan memelihara aset-aset pemerintah, khususnya miliki TNI AD yang ada di Kota Tanjungbalai.

Selaku Pembina DPC HIPAKAD Kota Tanjungbalai, Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Franki Susanto penyatakan pihaknya memberikan izin kepada HIPAKAD untuk menjaga, merawat sekaligus mengelola aset TNI AD yang menjadi Markas HIPAKAD Kota Tanjungbalai.

Ketua DPC HIPAKAD Tanjungbalai, H.Abdul Kadir akrab disapa Haji Tatan mengatakan, selaku keluarga besar TNI dan anak-anak pejuang Angkatan Darat, pihaknya siap untuk menjaga aset aset TNI AD yang merupakan peninggalan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan-tangan pihak tidak bertanggung jawab.

"Ini adalah aset TNI AD, sampai kapanpun tetap akan kami jaga, rawat dan pertahankan," tegas Haji Tatan.

Hadir dalam kesempatan itu, Pj Sekdakot Tanjungbalai, Nurmalini Marpaung, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Triyadi, sejumlah perwira staf dari Korem 022/Pantai Timur, Danramil O9/TB, Danramil 17/DTB, Daramil 09/Pulau Buaya, serta pengurus dan anggota DPC HIPAKAD Kota Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022