Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut, Leonard Silalahi mengatakan, pihaknya akan terus memberikan pembinaan kepada para narapidana dengan berbagai macam kegiatan pelatihan keterampilan, salah satunya adalah budidaya ikan dan sayuran hidroponik sebagai bekal bagi warga binaan saat kembali ke tengah masyarakat.

"Sebenarnya, tujuan pembinaan ini untuk memberikan kemampuan dan pengetahuan kepada para WBP agar mereka nanti ketika kembali ke masyarakat bisa menerapkannya sebagai mata pencaharian," ujar Leonard Silalahi, Selasa (19/4).

Leonard beserta pejabat struktural Rutan Tarutung mengawali kegiatan pelatihan dengan menebar benih ikan air tawar jenis gurame sebanyak 1.000 ekor dan benih sayuran pakcoy, serta sayuran sawi sebanyak 500 benih pada kegiatan pembinaan yang digelar semalam.

"Kegiatan-kegiatan ini tentunya kita harapkan juga dapat menunjang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke Kas Negara. Seluruh WBP yang menjalani program pembinaan di Rutan Tarutung diharapkan menjadi contoh insan-insan yang produktivitas meski dari ruang yang terbatas," sebutnya.

Melanjutkan kegiatan pembinaan, hari ini, Kepala Rutan Tarutung juga membagikan multivitamin, masker dan handsanitizer kepada seluruh petugas Rutan sebagai upaya pencegahan penyebaran coronavirus disease (COVID-19).
Kepala Rutan Tarutung, Leonard Silalahi beserta pejabat struktural Rutan Tarutung memberikan multivitamin bagi petugas rutan sebagai sumber energi sebagai upaya pencegahan penyebaran coronavirus disease (COVID-19). (ANTARA/HO)
"Untuk menjalani pekerjaan di tengah pandemi, tentunya tubuh perlu energi yang cukup. Kekurangan energi bisa berakibat kelelahan dan masalah kesehatan. Mengonsumsi multivitamin bisa membantu meningkatkan energi para petugas sehingga tubuh tidak mudah kelelahan dan terinfeksi penyakit," terang Leonard.

Harapnya, setiap petugas menjadikan kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak menjadi kewajiban. 

Sebab, kata Leonard, gaya hidup sehat, seperti menjaga kebersihan lingkungan, berolahraga, dan mengonsumsi multivitamin adalah upaya untuk terhindar dari penyakit.

"Selalu jalankan protokol kesehatan 5M saat di kantor, di rumah, dan di tempat yang disinggahi," pesannya.

Selain memberikan multivitamin, Rutan Tarutung juga berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan menyediakan sarana dan prasarana berupa tempat cuci tangan, bilik steril, hingga menyiapkan pengukur suhu tubuh sehingga Rutan Tarutung tetap menjadi Rutan yang bebas dari penyebaran penyakit.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022