Seluruh calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Deliserdang yang bertarung pesta demokrasi deklarasi damai.

Kegiatan itu dilaksanakan di Lapangan Alun-alun Pemkab Deliserdang dengan bertidak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati H Ali Yusuf Siregar.

"Pilkades serentak dijadwalkan berlangsung pada Senin 18 April 2022 mendatang, di 304 desa, 22 kecamatan, Kabupaten Deliserdang," ujar Yusuf dalam pidatonya, Jumat (8/4).

Yusuf menyebutkan, seluruh Cakades menyatakan dan menandatangani ikrar deklarasi damai dengan tujuannya untuk mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia.

"Selian deklarasi, juga penandatanganan pakta integritas Pilkades damai. Dengan demikian, diharapkan dapat menjaga kekondusifan dan keamanan saat pemilihan nantinya," sebutnya.

Sementara Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH yang turut hadir dalam deklarasi tersebut menyampaikan, keberhasilan penyelenggaraan Pilkades sangat ditentukan dari wujud kerja sama dan koordinasi seluruh pihak, baik calon Kades, panitia dan aparat pengamanan.

Oleh karena itu, diminta kepada seluruh Cakades agar berkomitmen untuk turut menjaga keamanan dan kekondusifan wilayah selama tahapan Pilkades serentak berlangsung, sehingga Pilkades berjalan aman dan sukses.

"Saya berharap agar hubungan Cakdes di masing-masing desa yang sudah terjalin baik sebelumnya tidak malah menjadikan alasan pemecah hubungan dengan adanya Pilkades ini. Karena pada dasarnya pilihan itu ada yang menang dan kalah. Beda pilihan juga adalah hal wajar dan sementara saja. Sedangkan hubungan keakraban merupakan urusan lebih penting," terang mantan Wakapolrestabes Medan.

Dalam kesempatan itu, Irsan mengingatkan
agar dalam pelaksanaan Pilkades tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Deliserdang.

"Para Cakdes yang akan dipilih nanti semuanya sudah divaksin. Mari sukseskan program vaksinasi demi percepatan penanganan pandemi di Indonesia khususnya di Kabupaten Deliserdang," pungkas lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1999.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022