Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) menemukan makanan kemasan rusak saat sidak di Supermarket Suzuya Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Jumat (8/4).

"Kita masih menemukan beberapa makanan keleng yang rusak atau penyok," ujar Kepala BBPOM Medan Drs Martin Suhendri, Apt, M.Farm yang diwawancarai ANTARA.

Martin menyebutkan, sidak di Supermarket Suzuya Tanjung Morawa, pihak membongkar parcel. Hal itu dilakukan untuk mengecek barang-barang kadaluarsa.

"Selain makanan penyok, kami menemukan juga makanan dengan izin Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tanggah (PIRT) produksi asal Pelembang," sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan Martin, mengenai keabsahan makanan PIRT itu akan ditindaklanjuti oleh tim BBPOM Pelembang.

"Makanan kemasan PIRT berupa kerupuk. Nantinya di telusuri apakah benar dari Pelembang. Jika tidak, kami cari siapa aktor yang memasukan ke Supermarket Suzuya Tanjung Morawa," jelasnya.

Setelah selesai sidak di Supermarket Suzuya Tanjung Morawa, BBPOM Medan melanjutkan pengecekan takjil di Jalan Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa.

"Dari 28 makanan dan minuman diuji simplenya tidak ditemukan adanya penggunaan rhodamin, formalin, boraks dan pemanis buatan," pungkasnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022