Perum BULOG wilayah Sumatera Utara bersiap menambah stok daging kerbau beku untuk memperkuat stok menyusul permintaan yang mulai banyak di awal 2022.

"Stok daging kerbau beku di gudang BULOG Sumut tinggal 2,67 ton. BULOG Sumut sudah meminta tambahan ke pusat,"ujar Pimpinan Wilayah Sumut Perum BULOG, Arif Mandu di Medan, Jumat.

Stok daging kerbau beku semakin menipis karena permintaan meningkat di akhir tahun 2021.

Dari 6,3 ton stok awal di saat mendekati Natal dan Tahun Baru 2022, stok daging terus berkurang atau tinggal 2,76 ton hingga posisi 5 Januari 2022.

"BULOG berharap, pasokan daging kerbau beku dari pusat semakin lancar ke Sumut sehingga stok tetap aman," katanya.

Baca juga: Bulog Sumut pastikan ketersediaan daging kerbau hingga awal 2022

Dia menyebutkan, pasokan daging kerbau beku ke Indonesia agak terganggu karena adanya pandemi COVID-19.

"Permintaan daging kerbau beku di Sumut memang terus meningkat sejalan dengan semakin dikenalnya daging itu di tengah masyarakat," katanya.

Apalagi harga jual daging kerbau beku impor itu masih tetap sebesar Rp80. 000 per kg atau di bawah harga daging sapi segar yang Rp120.000 per kg

Ketersediaan daging kerbau beku itu sendiri, ujar Arif, membantu menjaga kestabilan harga jual daging sapi segar di pasar Sumut.

Ketersediaan daging kerbau beku membuat masyarakat punya pilihan lain saat harga daging sapi segar bergerak naik akibat beberapa faktor.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022