Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementerian Pertanian tidak hanya handal dalam mencetak petani milenial. Polbangtan juga mampu menjadi penggerak koperasi.

Pengelolaan koperasi harus tanggap mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Koperasi harus dapat mengadaptasi pola e-commerce yang kini mulai menjamur di Indonesia. 

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, sangat mendukung keberadaan koperasi. 

"Saya kira era ini adalah era koperasi bangkit, era koperasi yang makin profesional, era koperasi yang mampu berkontribusi dengan hadirnya kemandirian perekonomian bangsa karena pandemi yang menantang kita harus melompat dan menerobos lebih tinggi ke depan," kata Syahrul.

Baca juga: Dukung Good Government, Polbangtan Kementan tanda tangani pakta zona Integritas

Sementara Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) juga mengatakan hal senada.

"Kementan juga memberikan konsep petani yang berbasis koperasi dan mengombinasikannya dengan pengelolaan perusahaan, ini yang paling efektif," tegas Dedi.

Keseriusan Kementerian Pertanian mengelola koperasi, tercermin di Polbangtan Medan. 

Bahkan, Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, menerima anugerah Tokoh Penggerak Koperasi dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM. 

Penghargaan diberikan dalam Hari Koperasi Nasional ke-74 di Hotel Tiara Convention Hall, Medan (7/12) . 

Yuliana mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apreasiasi pemerintah terhadap insan koperasi di tanah air, khususnya di kota Medan.

“Saya mengucapkan terimakasih serta bersyukur atas penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi. Hal ini tentunya akan menjadi motivasi bagi diri saya untuk lebih baik lagi dalam mengelola koperasi di Polbangtan Medan. Dengan penghargaan ini saya berharap mampu meningkatkan citra positif  Koperasi APP Polbangtan Medan di masyarakat,” kata Yuliana.

“Koperasi Polbangtan Medan telah mengalami banyak perkembangan dan memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. Diharapkan koperasi di kota Medan khususnya Koperasi APP Polbangtan Medan semakin maju dan setara dengan koperasi yang ada di kota-kota lainya,” tambahnya.

Dikatakan, sejauh ini Koperasi APP Polbangtan Medan juga aktif dalam mengelola usaha simpan pinjam, usaha sub agen travel dan usaha pertokoan pengadaan barang dan jasa seperti usaha toko ATK, fotocopy, cetak print, saprotan, pengelolaan seragam mahasiswa, pengelolaan seragam pegawai serta ada juga paket talangan ibadah haji dan umrah bagi yang berminat.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021