Kadis Kominfo Pemkot Tanjungbalai, Walman R Girsang menyatakan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib didampingi OPD bukan jalan-jalan, tapi melakukan kunjungan kerja (kunker) keluar daerah untuk beberapa kegiatan pemerintahan.

Hal itu diungkapkan Walman, Jum'at (3/12) menanggapi komentar warga korban banjir yang menyesalkan sikap Plt Wali Kota dinilai jalan-jalan akhir tahun disaat banjir melanda Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur.

Menurut Walman, pada Senin (29/11) Plt Wali Kota bersama rombongan melakukan kunker ke Kementerian ESDM dalam rangka rapat koordinasi sekaligus penyampaian usulan Pemkot Tanjungbalai dan Pemkab Asahan terkait percepatan pengerukan Sungai Asahan yang mengalami pendangkalan.

Baca juga: Warga kebanjiran sesalkan Plt Wali Kota Tanjungbalai sibuk jalan-jalan

Kemudian, pada Selasa (30/11) Plt Wali Kota melanjutkan kunjungan kerja ke Kemendagri terkait penyampaian usulan bantuan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Mobil Tangga dari Pemerintah Pusat untuk Pemkot Tanjungbalai.

Dihari ketiga (Rabu,1/12), Plt Wali Kota menghadiri acara penandatanganan komitmen bersama kesanggupan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan dalam rangka implementasi reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah yang digelar oleh deputi bidang koordinasi komunikasi informasi dan aparatur Kemenkopolhukam yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam acara tersebut, kata Walman, ada lima butir-butir komitmen bersama yang ditandatangani Plt Wali Kota Tanjungbalai yakni, mendorong percepatan reformasi, 
memperbaiki perencanaan program/ kegiatan terkait reformasi birokrasi, menyediakan sumberdaya baik anggaran, manusia dan sarana prasarana.

Kemudian, memastikan pelaksanaan reformasi birokrasi disemua unit perangkat daerah sesuai dokumen perencanaan dengan keterlibatan aktif pimpinan unit atau perangkat daerah. Selanjutnya melakukan pengendalian, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka perbaikan di tahun mendatang.

"Acara penandatanganan komitmen bersama itu dibuka Menkopolhukam RI, Moh Mahfud MD yang juga dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Tjahjo Kumolo serta Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa," ujar Walman.

Walman melanjutkan, usai melakukan lawatan di Jakarta, Plt Wali Kota meneruskan kunkernya ke Pemerintah Kota  Bengkulu yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Terkait kondisi banjir yang terjadi di Kota Tanjungbalai, dari Bengkulu pak Waris berpesan kepada masyarakat agar tetap bersabar dan waspada. Untuk penaganan, pejabat Sekdakot sudah menggelar rapat koordinasi dengan BPBD, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan untuk melakukan langkah langkah antisipasi dari segala hal," kata Walman.

Ia menambahkan, guna antisipasi dan penanganan banjir, sebelum berangkat melaksanakan tugas ke luar daerah, Plt Wali Kota bersama OPD terkait, TNI dan Polri telah melakukan peninjauan langsung ke titik lokasi rawan banjir di Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021