Anggota DPRD Sumatera Utara Mangapul Purba menilai Pemprov Sumut perlu melakukan langkah khusus dalam perbaikan kualitas infrastruktur. Apalagi di R-APBD 2022 alokasi perbaikan jalan hanya ditampung Rp1 triliun.

"Dari 3.005 kilometer panjang jalan provinsi di Sumatera Utara, ada 1.001 kilometer mengalami kerusakan," kata Mangapul, Minggu (28/11). 

Menurut Mangapul dari anggaran Rp1 triliun itu hanya 48 persen diantaranya yang mampu menangani perbaikan jalan 80 kilometer. 

“Kita sangat berharap Pemprov Sumut harus melakukan upaya-upaya dan melakukan berbagai terobosan untuk memecahkan persoalan ini," bilangnya.

Sampai saat ini, kata Mangapul, kita masih yakin dengan langkah-langkah koordinasi baik vertikal maupun horizontal dalam rangkaian kerja sama mencari solusi terhadap kerusakan infrastruktur jalan ini terus diupayakan.


Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumatera Utara Bambang Pardede menjelaskan berdasakan survei kondisi jalan provinsi yang dalam keadaan kurang baik mencapai 25 persen. 

"Total jalan provinsi itu 3006,5 kilometer. Itu pemantapan kita secara survei itu 75,02 persen pemantapan. Artinya tidak mantap itu 25 persen atau 750 kilometer," kata Bambang.

Dari 750 kilometer yang kondisinya kurang baik, menurut dia, 400 kilometer diantaranya akan dilakukan perbaikan atau pemeliharaan tahun depan. 

"Tahun depan itu 400 kilometer, kita akan perbaiki, jadi salah satuhya jalan alternatif  (Sibolangit-Tuntungan)," katanya. 


 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021