Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, sebagai UPT di Kementerian Pertanian, menjalin kerjasama denga Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi), PT UMADA, dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi. 

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Grand City Hall Medan, Sumatera Utara, 15 Oktober 2021.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan  bahwa pertanian adalah sektor yang sangat penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional. 

"Pertanian menjadi kekuatan negara, karena makan bagi 267 juta penduduk Indonesia tidak bisa ditunda, makan tidak bisa menunggu, karena makan merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh putus," katanya.

Baca juga: Jadikan Peluang Bisnis, Polbangtan Kementan Bekali Petani Skill Urban Farming

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan. 

“Untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan Pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial,” kata Dedi. 

PT. UMADA yang berkedudukan di Jalan Krakatau Ujung No. 17 Medan, Sumatera Utara, adalah perusahaan dibidang perkebunan kelapa sawit. Nota Kesepahaman sendiri dilakukan untuk pengembangan institusi dan peningkatan program kerja para pihak.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini dan Perwakilan dari  PT Umada Juni Pringgo. 

Menurut Yuliana, kesepakatan MoU Tridharma PT meliputi bidang pendidikan, bidang penelitian dan pengembangan sumberdaya manusia terutama peningkatan kompetensi mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Bidang Pengabdian Masyarakat dan Kegiatan dan koordinasi lainnya sesuai kesepakatan antara Polbangtan Medan dan PT UMADA.

Yuliana menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) karena telah menyempatkan waktunya untuk melaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polbangtan Medan.

Maksud dari kerja sama ini untuk melaksanakan kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dengan meningkatkan dan memanfaatkan potensi masing-masing pihak secara optimal melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Baik dari Polbangta Medan maupun Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) untuk mewujudkan kepedulian dan partisipasi dalam memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pembangunan pertanian Indonesia.

"Dengan adanya MoU ini, semoga akan menghasilkan SDM Pertanian yang unggul, dan  hasil kerjasama ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai pedoman pengembangan-pengembangan komoditas pertanian yang inovatif dan berdaya saing,” tutupnya.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021