Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) salah satu wilayah kabupaten/kota yang masuk 18 besar disamping 12 provinsi lainnya di Indonesia yang masuk nominasi penilaian di Anugerah Tangguh Adhiwirasana.

"Mudah-mudahan Tapsel bisa berhasil baik di tahap selanjutnya," kata Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu melalui Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suhardi yang dihubungi Rabu (27/10) malam.

Dikatakan, seluruh 30 wilayah provinsi, kabupaten dan kota yang ditetapkan lolos penjurian self-assessment selanjutnya akan mengikuti tahapan wawancara yang diadakan pada 28-29 Oktober 2021 melalui virtual.  

Baca juga: 27 Oktober, tak ada kasus baru COVID-19 di Tapsel

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hari ini secara zoom meeting sudah mengundang Pak Bupati (Tapsel) mengikuti sosialisasi tahapan penjurian sesi wawancara Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Laksana," kata Ilham.

Berbagai aspek penilaian oleh tim juri untuk bisa masuk nominasi di Anugerah Tangguh Adhiwirasana seperti kriteria penilaian inisiatiif inovatif dalam penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan sosial di masa pandemi COVID-19, menurut Ketua Dewan Juri Anugerah Tangguh Adhiwirasana Dr Wahyu Tri Setyobudi, MM ATP CPM.

"Daerah yang tidak lolos bukan berarti tidak bagus penanganan COVID-19-nya. Dan acara ini pasti ada lagi, sehingga pengalaman dan hasil yang sekarang menjadi evaluasi dalam mengikuti ajang serupa di masa depan," kata Wahyu dalam siaran pers.

Ketua panitia I Nyoman Gde Agus Asrama dalam keterangannya menjelaskan bahwa Anugerah Tangguh Adiwirasana  adalah salah satu wujud bagaimana daerah bisa menarasikan penanganan pandemi COVID-19 di daerahnya dengan baik.

"Adapun dewan juri dalam tahapan penjurian Anugerah Tangguh Adhiwirasana yang diikuti dengan serius 77 daerah adalah panelis ahli dari lintas bidang yang mumpuni di penanganan bencana non-alam (COVID-19)," jelas Agus.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021