Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mengatakan kasus aktif pasien COVID-19 tersisa 1.500. Sehingga menantu Presiden Jokowi itu optimis pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan turun level. Secara resmi Medan saat ini masih berada di PPKM level IV.

Penurunan jumlah kasus aktif, diakui Bobby karena adanya perbaikan data usai rapat koordinasi dengan Pemprov Sumut.

"Itu sudah diperbaiki (data) dan diinformasikan ke provinsi, kasus aktif ada 1.500, sebelumnya 7.077. Ini sudah diperbaiki tinggal 1.500," ujar Bobby di Balai Kota Medan, Selasa (14/9).

Baca juga: 86 persen guru di Medan sudah divaksin

Perbaikan data itu selanjutnya akan dilaporkan Pemkot Medan ke Kementerian Kesehatan. Kemudian Kementrian Kesehatan meneruskan data tersebut diteruskan kepada Kementerian Perekonomian. 

"Dari Kemenkes melapor ke Menko, sesuai disampaikan Pak Menko setelah perbaiki data, kasus aktifnya menurun, ini mudah-mudahan turun level III dan II," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Medan akhirnya bisa terima data COVID-19 dari fakses non pemerintah

Bobby yakin pertumbuhan ekonomi akan semakin baik ketika penyebaran virus COVID-19 dapat dikendalikan.

"Kemarin sudah rapat dengan provinsi,  kita perbaiki datanya, karena mungkin pengumuman kemarin, hari ini baru rapat dengan provinsi. Hari ini kita masukkan data. Itu sudah diperbaiki dan diinformasikan ke provinsi," pungkasnya.

Berdasarkan laporan Satgas COVID-19 Medan pertanggal 14 September 2021 jumlah pasien terkonfirmasi positif mencapai 46.015, sembuh 43.477, meninggal dunia 887. Dengan begitu kasus aktif tersisa. 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021