Serbuan vaksin bagi mayarakat martim terus dilanjutkan TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Asahan/TBA dengan memberikan suntikan vaksin dosis dua, berlangsung di Balai Pengobatan Mako Lanal Jalan Tanjung Berombang Asahan Mati serta diatas kapal nelayan yang pulang melaut.

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan, pelaksanaan vaksinasi oleh personel Balai Pengobatan Lanal bekerjasama dengan Puskesmas Sei Apung Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan.

"Penyuntikkan vaksinasi dosis ke dua kepada masyarakat maritim Tanjungbalai Asahan sudah dan sedang berlangsung. Sesuai catatan, pada Kamis (19/8) vaksin gratis ini sudah diberikan kepada 152 orang warga," kata Robinson, Jum'at (20/8).

Baca juga: 698 warga binaan Lapas TBA terima remisi kemerdekaan

Menurut Robinson, antusias masyarakat maritim cukup tinggi. Diharapkan vaksinasi dapat menekan penyebaran COVID 19 di wilayah Tanjung Balai Asahan. Warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis kedua agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

Selain di Balai Pengobatan Mako Lanal TBA, kata Robinson, jajarannya juga melakukan vaksinasi kepada nelayan yang baru pulang melaut sekitar pukul 19.00 WIB di tambatan kapal nelayan Bagan Asahan,  Kabupaten Asahan.

Teknis pemberiannya, Tim vaksinator bersama Babinpotmar Lanal TBA langsung menemui setiap kapal yang baru tiba dari laut melakukan komunikasi dengan para nelayan agar bersedia ikut vaksinasi.

"Nelayan yang diperiksa dan memenuhi syarat kondisi kesehatannya, tenaga kesehatan melaksanakan vaksinasi di atas kapal nelayan tersebut," ujar Robinson.

Dia menambahkan, pada kesempatan itu tercatat 20 orang nelayan yang ada dan siap divaksin, namun hanya 8 orang saja memenuhi syarat untuk divaksin.

"Penyuntikan nelayan di atas kapal tentunya untuk mensukseskan program vaksinasi dengan cara jemput bola, tekhnisnya menemui dan mengajak para nelayan  divaksinasi atas kapal," ujar Robinson.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021