Wali Kota Medan Bobby Nasution memastikan kesiapan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) di eks Hotel Soechi untuk mulai menerima warga yang dinyatakan positif COVID-19 untuk kategori orang tanpa gejala.

"Mulai besok sudah mulai bermalam para sumber daya manusia, perawat, tenaga medis dan peralatan medis sudah masuk semua," katanya di Medan, Jumat (30/7).

Ia menyebut bahwa eks Hotel Soechi ini rencananya difungsikan secara resmi untuk penanganan pasien OTG mulai Minggu (1/8).

Baca juga: Pemkot Medan tambah kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID-19
 
"Mudah-mudahan hari Minggu ini bisa dibuka eks Hotel Soechi," ujarnya.

Tempat isolasi ini nantinya diperuntukkan pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan kategori OTG agar proses isolasi lebih terpantau.

Ia mengatakan pasien COVID-19 kategori OTG memiliki risiko lebih tinggi dalam penularan COVID-19.

"Karena OTG ini yang sebenarnya menyebarkan COVID-19 lebih tinggi dibandingkan yang bergejala. Karena yang bergejala itu sudah memahami kondisi tubuhnya sehingga di rumah saja," ujarnya.
 
Data terbaru Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat, jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Medan mencapai 27.801 orang, setelah adanya penambahan 584 orang tertanggal 30 Juli 2021. Untuk angka kesembuhan mencapai 20.614 orang dan angka kematian mencapai 679 orang.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021