Lembaga Penelitian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPM USU) mendukung pengembangan kopi di Kabupaten Mandailing Natal.

Salah satu koperasi yang mendapat dukungan dari LPM USU tersebut adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) Mandailing Jaya Desa Habincaran Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Madina Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Bupati Madina tinjau pembangunan RSUD Panyabungan

KSU Mandailing Jaya sendiri merupakan salah satu koperasi penghasil kopi Arabika di Mandailing Natal dengan merek produksi "Banamon Mandheling Coffee".

Dukungan peningkatan mutu dan kuantitas kopi ini ditandai dengan pemberian bantuan bangunan greenhouse dengan ukuran 5x15 meter memakai plastik UV dengan kafasitas 1 ton.

Penyerahan bantuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Mono Tahun 2021 kepada KSU Mandailing Jaya ini sendiri dilaksanakan di Desa Habincaran pada Rabu (28/7) yang diserahkan langsung oleh Ketua pelaksana, Nazif Ichwan STP MSi dan Dr Ir Hasanuddin MS serta Sulastri Panggabean STP M Si sebagai anggota pelaksana.

Selain itu dalam penyerahannya juga turut disaksikan Dr Ir Hasnuddin, MS, Ir Lahmuddin Lubis yang juga staf fakultas pertanian USU.

Ketua KSU Mandailing Jaya, Andi Hakim Matondang kepada, ANTARA, Kamis (29/7) menyampaikan rasa terimakasihnya kepada LPM USU atas dukungan yang diberikan kepada koperasi.

“Saya atas nama KSU Mandailing Jaya mengucapkan terimakasih kepada LPM USU dan kami terus mengharapkan arahan dan bimbingan dari tim LPM USU” ujarnya.

Andi menyebut, saat ini industri kopi khususnya di Kabupaten Mandailing Natal belakangan ini berkembang pesat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar baik lokal maupun internasional. 

Untuk memenuhi permintaan pangsa pasar tersebut pihak koperasi juga saat ini sedang melakukan pembangunan rumah pengering yang pengerjaannya diprediksi akan selesai dalam waktu dekat.

"Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 70% dan akan selesai dalam waktu dekat," jelasnya.

Kata dia dengan adanya dukungan ini kedepan pihak koperasi akan semakin menjaga dan meningkatkan kwalitas kopi Mandailing yang diproduksi oleh koperasi itu.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021