Pendamping sosial Muhammad Aguswa memaparkan materi dengan tema Pilih mana: nabung atau Belanja Online. Pemaparan itu ia smapaikan pada Webiner Literasi Digital untuk Labuhanbatu Selatan, Rabu (21/7).

Aguswan menjelaskan perbedaan tabungan dengan belanja online. Tabungan merupakan kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan sebagai kebutuhan di masa depan atau sebagai alat berjaga-jaga jika ada keperluan yang mendadak. 

Belanja online merupakan aktivitas perdagangan yang menggunakan perangkat elektronik. 

Baca juga: Chika Audhika: Tingkatkan digital skill dengan 3M

Manfaat menabung antara lain, belajar hidup hemat, memiliki cadangan keuangan dalam keadaan mendesak, mencegah berutang, investasi jangka panjang, serta melatih hidup sederhana. 

Manfaat belanja online diantaranya, lebih hemat waktu dan uang, pilihan produk lebih beragam, mendapatkan harga termurah, dan lebih mudah dalam pembayaran. 

Tips mudah agar tetap bisa menabung disamping kegiatan belanja online antara lain, langsung nabung setelah menerima penghasilan agar kegiatan menabung menjadi prioritas. 

Pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan agar tidak mengganggu rekening tabungan. Tentukan besaran uang yang akan ditabung dan tentukan pula pengeluaran belanja. 

Pergunakan aplikasi online sebaik mungkin sesuai standar prioritas kebutuhan saja. Anggap tabungan sebagai pengeluaran rutin. Serta, jangan biarkan pengeluaran tidak terkendali dan utang menumpuk dikarenakan sering transaksi nontunai untuk keperluan konsumtif.

Narasumber lainnya  Zulfikar  (Pengamat Komunikasi Pendidikan)  menjabarkan hal yang harus dilakukan sebelum mengakses konten, situs, meninggalkan komentar, dan membagikan informasi.

Antara lain, mengkaji efek yang akan dihasilkan, memahami karakter komunikan, memilih kata dan kalimat yang baik dan benar, memahami makna isi konten atau informasi yang di dapat.

Memberikan komentar yang bermanfaat bagi pembaca, serta tidak terbawa emosi dan rasional memahami situasi. Latih jari untuk modern, maju, imbang, kredibel, integritas, dan ramah.

Sebelum menulis komentar di media sosial perhatikan beberapa hal diantaranya, berkomentar dengan tepat, penuh gagasan, akurat, bermuatan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca, 
Mudah dipahami pembaca, memberikan informasi terbaru bukan berita yang sudah using dan tidak ada korelasinya dengan situasi saat ini, serta memberikan dampak kewaspadaan dan kehati-hatian kepada warganet.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021