Co-Founder dan CMO @Bicara.project,Chika Audhika pada sesi webiner Literasi Digital untuk Simalungun, Rabu (21/7) menyebutkan tingkatkan digital skill dengan 3M.

Yaitu, mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, serta memanfaatkan produk digital. Manfaatkan digital skill dengan menciptakan branding, memperluas koneksi, dan memperkuat bisnis. 

Ia juga menyampaikan beberapa tren pekerjaan yang paling dicari tahun 2021 antaranya, copywriter atau content writer, web developer, UI/UX designer, social media strategist, SEO specialist, dan data research. 



Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital oleh Prof Zainal Arifin Hasibuan ((Professor dalam Bidang Ilmu Komputer dan Dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang). 

Zainal mengangkat tema “Memahami Aturan Perlindungan Data Pribadi". Zainal membahas data pribadi merupakan data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya. 

Data pribadi meliputi, identitas kependudukan seperti nama dan tempat tinggal, identitas akses seperti PIN dan password, identitas spesifik seperti data biometrik dan data keuangan pribadi. 
Teknologi informasi dan komunikasi memudahkan tersedianya data pribadi secara digital. 

Data pribadi semakin mudah diperoleh, baik sadar maupun tidak sadar, baik legal maupun tidak legal.

Penggunaan data pribadi akan terus meningkat dikarenakan data pribadi dihimpun dan diupdate secara berkelanjutan dalam waktu yang singkat, data pribadi untuk pelakasaan pemilu, transaksi bisnis.

Juga pengisian formulir digital, dan proses dalam waktu yang relatif singkat, serta data pribadi yang dihimpun, dihitung, dan disajikan, rentan terhadap berbagai kecurangan. 

Keamanan data pribadi diatur oleh konstitusi dan regulasi Indonesia pada UU ITE pasal 29 tahun 2008, barang siapa dengan sengaja melawan hukum memanfaatkan teknologi informasi untuk mengganggu hak privasi individu dengan cara menyebarkan data pribadi tanpa seizin yang bersangkutan, dipidana penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama tujuh tahun. 

Kesadaran masyarakat masih relatif rendah dalam melindungi data pribadi oleh karena itu, perlu memberdayakan berbagai institusi pendidikan untuk memberikan pendidikan akan pentingnya pengamanan data pribadi.

Webinar diakhiri oleh, Dwi Bidari (Influencer dengan Followers 13,9 ribu). Dwi menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, tingkatkan digital skill dengan 3M.

Yaitu, mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, serta memanfaatkan produk digital. Kesadaran masyarakat masih relatif rendah dalam melindungi data pribadi oleh karena itu, perlu memberdayakan berbagai institusi pendidikan untuk memberikan pendidikan akan pentingnya pengamanan data pribadi.



 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021