Satuan Tugas (Satgas) mengimbau agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan supaya menghindari penularan dan penyebaran wabah penyakit COVID-19 khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

"Hal itu mengingat kasus positif COVID-19 Tapsel yang terus mengalami penambahan angka," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Tapsel, Sofyan Adil kepada ANTARA di Sipirok, Sabtu (12/6) malam. 

Diutarakannya bahwa perkembangan terpapar positif COVID-19 kurun waktu 24 jam terakhir totalnya semenjak masa pandemi sudah berjumlah 394 kasus dari sebelumnya 390 kasus. Artinya ada pertambahan empat kasus positif sehari semalam. 

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Tapsel tak terbendung

Selain itu untuk pasien suspek terdapat tiga kasus dan probable terdapat empat kasus. Yang meninggal sudah ada 12 dengan konfirmasi sedang dua lainnya dengan probable sehingga berjumlah 14 kasus. 

"Seluruh petugas Puskesmas 15 kecamatan se Tapsel terus  melalukan pelacakan terhadap yang kontak erat pasien positif. Hari ini tercatat sudah 770 orang dari sebelumnya 710 orang kontak erat. Kita tunggu hasil pemeriksaan oleh petugas," katanya. 

Menurutnya Prokes dengan menerapkan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan masih cara efektif menghindari wabah penyakit COVID-19.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021