Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mendukung hasil Musrembang Perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2019 - 2023 Provinsi Sumatera Utara yang fokus pada Pembangunan Kesehatan serta Pemulihan Ekonomi Nasional atau stimulus ekonomi yang diarahkan ke produktivitas masyarakat.

"Soalnya perubahan RPJMD itu dinilai guna menyinergikan program Provinsi Sumut dengan visi misi Presiden RI Joko Widodo sesuai yang disampaikan Gubernur Sumut," kata Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu, Minggu (6/6) yang juga hadir di dalam kegiatan Musrembang Perubahan RPJMD Sumut pada Kamis (3/6) di Medan. 

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Tapsel tanam ribuan pohon durian

Pandemi COVID-19 sudah banyak menguras tenaga, pikiran bahkan anggaran yang diatur kembali guna penanganan dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini.

"Selain fokus kesehatan, mudah-mudahan perubahan RPJMD semakin mempercepat perbaikan perekonomian masyarakat khususnya di Sumut," harap Dolly. 

Baca juga: Terkonfirmasi positif COVID-19 Tapsel terus bertambah, total sudah 368 kasus

Selanjutnya stimulus ekonomi yang akan diarahkan pada produktivitas bukan konsumtif. Sehingga anggaran cenderung berubah.

"Hal perubahan ini pulalah yang akan kita sampaikan ke masyarakat. Soalnya RPJMD 2019-2023 berubah dari rencana awal," ujarnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di acara itu berharap Pemkab/Pemkot se Sumut agar serius dalam penanganan COVID-19 dengan betul-betul menjalankan protokol kesehatan, singgung bupati. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021