Ahmad Ridho putra asli Kota Tanjungbalai kelahiran 25 Agustus 2000 lulus menjadi prajurit Taruna Akademi Militer Angkatan Laut (Akmil-AK) dan sedang mengikuti pendidikan di Magelang. Rihdo merupakan putra ke tujuh Sangkot Sagalayang kesehariannya bekerja sebagai buruh (penarik) beca bermotor.

Di hadapan Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory dan sejumlah wartawan, orang tua Ridho, Sangkot Sagala menjelaskan bahwa kelulusan putranya menjadi Taruna Akmil AL secara murni merupakan rezeki dari Allah SWT.

"Kami tidak menyangka sekaligus senang, Ridho anak ketujuh kami lulus murni tanpa seper uang. Ini rezeki dari Allah SWT yang patut kami syukuri," kata Sangkot Sagala dengan haru, Senin (30/11).

Ia melanjutkan, Ridho adalah lulusan SMA Negeri 2 Kota Tanjungbalai yang  sangat rajin dan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolahnya, seperti lomba alegoris hingga terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada HUT RI, 17 Agustus.

"Tahun ini dia (Ridho) genap berusia 20 Tahun. Kelulusannya menjadi Taruna Akmil AL adalah kado terindah bagi dirinya yang selama ini sangat perhatian dan selalu membantu ibunya di rumah," kata Sangkot.

Senada dikatakan ibu Ridho, Nuraida Samosir (52). Perempuan paruh baya yang mengaku bekerja sebagai buruh cuci di rumah tangga itu menjelaskan kalau putranya sangat peduli dan perhatian kepadanya.

Dia (Ridho) kata Nuraida, tak pernah membantah, bahkan sangat perhatian dan mau membantu membersihkan rumah hingga menjemur pakaian yang telah dicuci.

"Sering dia memijat kaki dan badan saya sepulang bekerja menjadi buruh cuci. Bahkan, dia tidak segan-segan menggendong saya sebagai wujud baktinya kepada orang tua," kata Nuraida Saragih penuh haru.

Nuraida juga mengaku bahwa ia dan suaminya tidak mengetahui Ridho diam-diam bercita-cita menjadi prajurit Angkatan Laut. Mereka baru tahu saat Ridho akan mau daftar ulang di Belawan untuk mengikuti seleksi Taruna Angkatan Laut.

Diketahui lulusnya Ahmad Ridho sebagai prajurit taruna TNI Matra Angkatan Laut itu dari vidio yang menyebar luas di media sosial  WhatsApp. 

Dimana dalam vidio tersebut Panglima TNI menanyakan nama Ridho. “Mohon izin memperkenalkan diri, nama Ahmad Ridho, prajurit taruna nomor akademik 2020530, matra laut, asal daerah Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara,” kata Ridho.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020