Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan nomor urut 1 Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi menyiapkan program pembangunan kolam penampungan dan pompa air untuk mengantisipasi banjir khususnya di kawasan Medan Bagian Utara.

"Permukaan daratan di Medan Marelan lebih rendah dari Sungai Deli, sehingga bila air hujan deras datang dan dialirkan ke Sungai Deli, maka yang terjadi back water atau air sungai masuk ke daratan, dampaknya inilah akan terjadi banjir," kata Akhyar, Rabu (4/11).

Baca juga: Pemkot Medan sosialisasi kewaspadaan dini masyarakat jelang Pilkada

Menurutnya, untuk mengatasi banjir kawasan yang berada di dekat bantaran Sungai Deli, solusi yang bisa dibuat secara teknis adalah memakai pompa dan membangun kolam folder air. 

Sehingga air dari daratan dialirkan ke kolam dan selanjutnya air dipompa untuk dimasukkan ke Sungai Deli.

"Salah satu solusi untuk antisipasi banjir akibat luapan air sungai yakni dengan penerapan pompa dan membangun folder atau kolam penampungan. Folder atau kolam-kolam yang dibangun ini nantinya akan dibuat dengan skat-skat pembentengan, sehingga teratur antrian airnya dan dipompa air dari kolam ke Sungai Deli,” katanya.

Lebih lanjut, Akhyar menjelaskan bahwa cara kerja kolam penampungan yang dimaksudkan sangat sederhana. Di kolam penampungan itu nantinya akan disiapkan rumah pompa dan menyiapkan pekerja untuk rutin memompa genangan air yang ada. 

"Untuk realisasinya kita akan melakukan kerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) sebagai penguasa sungai,” ujarnya.

Namun, lanjut Akhyar, untuk konsep pompa dan kolam ini berlaku untuk kawasan Medan Marelan dan tidak bisa diterapkan di Medan Labuhan karena memiliki karakteristik yang berbeda.

Pasangan Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi maju dalam Pilkada Medan 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 dengan didukung dua partai, yakni PKS dan Partai Demokrat.
 
Akhyar dan Salman berhadapan dengan pasangan Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman yang didukung delapan partai politik, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Partai Nasdem, Partai Hanura, PSI, dan PPP.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020